WhatsApp rilis Keep in Chat, fitur baru yang memberikan kekuatan super pada si pengirim pesan

WhatsApp rilis Keep in Chat, fitur baru yang memberikan kekuatan super pada si pengirim pesan

Techno.id - WhatsApp baru saja menambahkan fitur baru yang menarik, Keep in Chat. Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan pesan sehingga dapat merujuknya kembali di masa mendatang.

Fitur ini merupakan cara praktis untuk menyimpan sedikit informasi atau hanya hal-hal lucu dari obrolan yang mungkin akan hilang, dan tidak mengganggu preferensi privasi pengirim. Karena itu WhatsApp memutuskan memberikan kesempatan kepada pengirim untuk memveto penyimpanan Keep in Chat.

Fitur ini akan mempertahankan pesan yang nantinya diperlukan dengan menggunakan kemampuan super khusus untuk pengirim. Jadi setelah pengguna mengirim pesan, dia berhak untuk menentukan apakah pesan tersebut boleh disimpan si penerima atau tidak. Begitu juga sebaliknya.

Cara kerjanya, pengirim akan diberi tahu ketika seseorang ingin mempertahankan pesan. Pada saat yang sama pengirim juga memiliki kemampuan menolak jikapenerimaingin menyimpan pesan tersebut.

Misalnya, jika kamu memutuskan bahwa pesan yang kamu kirimkan tidak boleh dipertahankan si penerima, maka keputusan kamu sudah final. Tidak ada orang lain yang dapat menyimpannya dan pesan akan dihapus ketika pengatur waktu habis. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan membuat keputusan akhir tentang cara melindungi pesan yang kamu kirimkan.

WhatsApp rilis Keep in Chat, fitur baru yang memberikan kekuatan super pada si pengirim pesan foto: whatsapp

Pesan yang telah tersimpan di WhatsApp kamu nantinya akan ditandai dengan ikon bookmark, lalu kamu dapat melihat pesan tersebut, yang diatur berdasarkan chat di dalam folder Pesan Tersimpan.

Jadi ketika seseorang menyimpan pesan dari obrolan yang kamu ingin hapus, kamu akan ditanya apakah itu tidak masalah. Jika kamu mengizinkan, maka orang tersebut dapat menyimpan pesan kamu. Sebaliknya, jika kamu memutuskan untuk tidak mengizinkan orang lain menyimpan pesan kamu, maka pesan tersebut akan kedaluwarsa bersamaan dengan pesan-pesan lainnya.

Begitu juga sebaliknya. Jika kamu adalah orang yang ingin menyimpan pesan sementara si pengirim memveto pesan tersebut, maka kamu tidak dapat menyimpannya. Tetapi jika tidak, kamu akan melihat ikon penanda kecil muncul di sebelah pesan yang disimpan. Pesan-pesan tersebut kemudian akan berada di folder Pesan Tersimpan di mana mereka akan diatur berdasarkan obrolan. Nah rencananya fitur ini bakal diluncurkan secara global dalam dalam waktu dekat.

(brl/red)