Unik, Uber rekrut calon insyiur pakai games berikut ini

Unik, Uber rekrut calon insyiur pakai games berikut ini
Layanan transportasi online berbasis di San Fransisco, Uber, baru-baru ini diketahui telah melakukan perekrutan calon karyawan baru untuk jabatan insinyur. Uniknya, proses perekrutan yang dilakukan Uber itu diketahui menggunakan sebuah games bernama Code on The Road yang akan muncul ke aplikasi calon terpilih.
Joshua Debner, insinyur Microsoft yang berkedudukan di Seattle adalah orang yang pertama melaporkan mendapat undangan rekrutmen dari Uber itu. Ia, sebagaimana dikutip dari BusinessInsider (26/3/16) mengaku mendapat pemberitahuan untuk mengikuti permainan Code on The Road.

Unik, Uber rekrut calon insyiur pakai games berikut ini

Games Code on The Road dari Uber
2016 Joshua Debner /Twitter.com

Saat iseng-iseng menerima notifikasi permainan itu, Debner mengaku harus menyelesaikan sekitar 3 tes dasar mengenai bahasa pemrograman. Saat sudah menyelesaikan games itu dan dinyatakan lolos, selanjutnya ia diminta untuk menekan tombol khusus dan secara otomatis email pemberitahuan mengenai rekrutmen Uber masuk ke inbox-nya.

Unik, Uber rekrut calon insyiur pakai games berikut ini

Tes pada games Code on The Road Uber
2016 Joshua Debner/Twitter.com

Pihak Uber mengakui jika proses rekrutmen via games Code on The Road itu merupakan cara yang digunakannya untuk menemukan dan memikat para insinyur baru bergabung bersama mereka. Menariknya, tak semua orang dapat menerima notifikasi tersebut.
Pasalnya, hanya orang-orang terpilih yang ada di wilayah padat perusahaan teknologi saja yang akan menerima notifikasi. Uber bahkan mengungkapkan jika orang-orang yang mendapat notifikasi tersebut dipilih bukan berdasar informasi pribadi, melainkan wilayah atau lokasi ia beraktivitas di mana wilayah itu merupakan lokasi padat pekerja teknologi.
"Kami selalu mencari cara baru untuk menjangkau calon potensial yang ingin bergabung dengan tim kami. Jika anda berada di tempat atau wilayah di mana banyak orang yang bekerja di bidang teknologi, maka Anda akan menerima notifikasi dari kami. Saat Anda memutuskan untuk memainkan games, maka saat itulah Anda menerima konsekuensi apakah Anda ingin bergabung dengan Uber atau tidak," ujar perwakilan Uber.
Sekadar informasi, Uber bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengusung konsep unik seperti ini untuk merekrut karyawan. Google juga diketahui memiliki tes rekrutmen yang cukup unik bagi para calon insyiurnya. Kabarnya, para calon insyiur Google bakal diminta untuk mencari istilah yang berhubungan dengan pemrograman tertentu melalui sebuah games.
(brl/red)