Telkom selesaikan gangguan jaringan kabel optik di Papua

Telkom selesaikan gangguan jaringan kabel optik di Papua

Techno.id - Setelah selama dua pekan mengalami gangguan kabel optik di perairan Jayapura-Sorong, kini Telkom telah memperbaiki dan menyelesaikan gangguan tersebut. Seperti yang dilansir dari Antara (03/05/15), trafic yang ada mengalami gangguan kini dialihkan pada jalur kabel laut.

"Sekarang trafic sudah dialihkan ke jalur kabel laut, bisa dikatakan perbaikan sudah selesai mulai kemarin (02/05/15)," ungkap General Manager Wilayah Telekomunikasi Telkom Papua Agus Yuda di Jayapura, dikutip dari Antara (03/05/15).

Ia juga menambahkan jika perbaikan gangguan ini sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. Namun, pihaknya belum bisa mengatakan sudah memperbaiki semua karena masih ada pekerjaan yang harus dilakukan terkait dengan perbaikan tersebut.

"Malam sabtu sudah dialihkan tapi pekerjaan belum final karena ada kerjaan tambahan di Sorong tapi tidak mengganggu trafic," ungkapnya.

Dengan begitu, penggunaan jaringan kabel optik ini sudah bisa digunakan untuk wilayah Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS). Sehingga satelit dikembalikan menjadi sistem cadangan.

"Satelit tetap menjadi back up kalau sewaktu-waktu kabel optik kita ada gangguan lagi," ujarnya.

Sebelumnya, SMPCS Telkom terputus pada 20 April 2015 dikedalaaman 1.175 meter di perairan Jayapura-Sorong.

Sebelumnya, SMPCS Telkom terputus pada 20 April 2015 di kedalaaman 1.175 meter di perairan Jayapura-Sorong. Akibatnya jaringan data Telkomsel untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya tidak bisa diakses selama beberapa saat.

(brl/red)