Sebenarnya, apa yang dicari warga Asia-Pasifik dari internet?

Sebenarnya, apa yang dicari warga Asia-Pasifik dari internet?

Techno.id - Sebagai jaringan yang batasannya sangat luas dan hampir tak terbatas, internet tentu menjadi media paling menggiurkan untuk setiap orang. Para penggunanya di seluruh dunia pun punya kepentingan tersendiri saat berselancar di dunia maya. Nah, saat premis tadi dipetakan oleh Ipsos, akhirnya terungkap sudah kebutuhan internet bagi penduduk di wilayah Asia-Pasifik.

Dalam survei yang dikeluarkan di akhir tahun 2014 tersebut, akses untuk informasi dan pengetahuan menjadi kepentingan yang paling diminati pengguna internet di Asia-Pasifik. Buktinya, sebanyak 47 persen responden dari kawasan terbesar dan terpadat penduduknya di dunia itu setuju. Kemudian, ada 45 persen responden yang merasa internet sangat dibutuhkan untuk menggerakkan sektor perekonomiannya. Kesimpulan itu tampak dari grafis yang dikomposisi oleh Statista ini:

Sebenarnya, apa yang dicari warga Asia-Pasifik dari internet?

Sedangkan kebutuhan lainnya, berupa kebebasan berpendapat dan mengekspresikan politiknya, dicari oleh 40 persen responden asal Asia-Pasifik. Hal ini bisa menjadi indikator bahwa internet masih tergolong sebagai komoditi yang belum bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di kawasan Asia-Pasifik. Tengok saja bagaimana internet diatur dengan peraturan yang ketat di pelbagai negara, misalnya Korea Utara dan Tiongkok.

Survei yang melibatkan 23.376 pengguna internet dari 24 negara itu juga mencari tahu kepentingan internet bagi penduduk di beberapa benua, seperti Asia Timur-Afrika, Amerika Selatan, Eropa, serta Amerika Utara. Dari ketiga kategori itu, kebanyakan responden terbukti masih sangat mengandalkan internet untuk memperoleh jalan menuju informasi dan pengetahuan.

(brl/red)