Intel rebranding prosesor baru dengan menghilangkan huruf “i”, bakal ada seri Ultra

Intel rebranding prosesor baru dengan menghilangkan huruf “i”, bakal ada seri Ultra

Techno.id - Intel baru-baru ini mengumumkan rebranding prosesor baru Intel Core dan Intel Core Ultra dengan menghilangkan huruf i pada prosesor seri Core yang telah digunakan perusahaan selama lebih dari satu dekade.

Menurut Intel, rebranding ini akan berlaku untuk prosesor Core barunya yang dimulai dengan Meteor Lake, dan pada awalnya akan menampilkan prosesor Intel Core 3, Intel Core 5, dan Intel Core 7, meskipun belum jelas apakah akan ada pilihan untuk Intel Core 9.

Branding baru ini membedakan antara jajaran prosesor mainstream dan canggih, dengan seri Ultra yang tampaknya ditujukan untuk pasar penggemar kelas atas dan pengguna perusahaan. Sedangkan prosesor Intel Core vanila adalah chip untuk kebutuhan mainstream.

Intel rebranding prosesor baru dengan menghilangkan huruf i, bakal ada seri Ultra foto: intel

Perubahan nama ini merupakan lompatan yang signifikan bagi Team Blue, yang telah menghabiskan waktu selama 15 tahun untuk membangun reputasi prosesor Core i-series.

Perubahan besar lainnya adalah Intel tidak akan lagi merujuk pada generasi tertentu dalam pemasaran atau penandaan produknya, jadi tidak ada 'generasi ke-14' atau sejenisnya, meskipun nomor generasi masih dapat diidentifikasi pada nomor model prosesor tertentu.

Dengan penggantian nama prosesor seri Core, Intel meninggalkan kerja keras selama lebih dari satu dekade untuk membangun reputasi prosesor andalannya. Tentu saja ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan oleh Intel. Jadi nanti akan ada prosesor Intel Core 5 dan Intel Core 7, tetapi juga Intel Core Ultra 5 dan Intel Core Ultra 7.

Intel rebranding prosesor baru dengan menghilangkan huruf i, bakal ada seri Ultra foto: intel

Intel memperkenalkan prosesor Core pada tahun 2006, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa prosesor Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, dan Intel Core i9 merupakan sistem tingkatan produk yang sangat sederhana yang mudah dikenali dan mudah dijelaskan. Intel mengatakan bahwa rebranding tersebut mencerminkan pergeseran besar dalam arsitektur chip.

(brl/red)