Ramadan bawa berkah bagi pelaku bisnis online

Lebaran Belanja Online 2015 © 2015 Denny Mahardy/techno.id
Techno.id - Transaksi secara online belakangan ini mulai ngetren di tengah pengguna internet Indonesia. Tingginya angka pertumbuhan pengguna internet yang berlangsung di Tanah Air diharapkan bakalan mendongkrak jumlah pelanggan belanja online.
Edukasi terhadap masyarakat tentang kemudahan yang disajikan melalui belanja online jadi salah satu cara yang dilakukan para pelaku e-commerce terhadap masyarakat. Gelaran kampanye Lebaran Belanja Online 2015 merupakan cara ampuh yang diharapkan pelaku e-commerce bisa mengedukasi masyarakat.
- Berkah Ramadan, Bukalapak.com kantongi pertumbuhan signifikan unique visitor bulanan selama bulan Ramadan mencapai lebih dari 2 juta kunjungan.
- Selama Ramadan, belanja online warga Indonesia Rp 1,2 juta/orang Transaksi puncaknya pada minggu ketiga Ramadan.
- Perilaku pengguna internet yang manfaatkan properti Google berubah Menurut analisa Google, datangnya bulan Ramadan membuat kebiasaan akses internet masyarakat Indonesia jadi berubah.
"Saat ini kita perlu melihat kalau bertransaksi atau berbelanja sudah berbeda behaviour-nya. Dengan adanya kampanye ini, saya mendukung karena kita perlu mengedukasi para e-commerce dan user bahwa bertransaksi di online itu aman dan nyaman," ungkap Edwin Kartawinata selaku General Manager of Marketing & Business Alliance PT Kreatif Media Karya online.
Kampanye yang sengaja digelar saat Ramadan dan Lebaran diklaim akan menjaring semakin banyak pengguna internet yang biasa berbelanja online. Kebiasaan masyarakat yang berbelanja menjelang lebaran dimanfaatkan setidaknya 40 e-commerce yang bergabung lewat ajang Lebaran Belanja Online.
Hal itu diakui Yusi H. Obon yang menjabat Head of Communication Bukalapak.com. Ia menyebutkan tren belanja online di Indonesia saat lebaran meningkat dan baru berangsur turun saat memasuki Idul Fitri.
"Saat ini masyarakat Indonesia mulai menunjukkan ketertarikan untuk mencari barang-barang di dunia maya. Dukungan dari banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan beberapa e-commerce tentunya jadi salah satu faktor penyebab peningkatan di bulan Ramadan," jelas Yusi.
Lebih lanjut, Yusi mengakui mulai bulan Ramadan jumlah kunjungan yang dilakukan pengguna Bukalapak telah terlihat mengalami peningkatan. Ia mengklaim jumlah kunjungan harian di Bukalapak telah meningkat hingga 500 ribu kunjungan.
"Secara nilai transaksi sudah meningkat hingga tiga kali lipat di bulan Ramadan daripada hari biasa. Kita harapkan ini akan terus berlangsung sampai habis Ramadan dan Lebaran nanti, tandas Yusi kepada Techno.id.
RECOMMENDED ARTICLE
HOW TO
-
Bukan matikan HP, ini 5 cara efektif dinginkan HP overheat mendadak biar nggak rusak
-
5 Penyebab notifikasi HP sering telat masuk dan solusinya, terbaru 2025
-
Cara terbaru navigasi Windows 11 tanpa mouse, penyelamat di kala rusak dan deadline menghantui
-
Cara terbaru memunculkan keyboard virtual di Windows 11, penyelamat di kala darurat
-
5 Kegunaan terbaru Google Form 2025, jarang dilirik ternyata berguna banget!
TECHPEDIA
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini
-
Apa itu pindai mata dan World Coin, ternyata berbahaya bagi data pribadi pengguna
-
Ini sejarah dan kegunaan teks viral "Lorem Ipsum" di tugu IKN, sudah ada sejak abad ke 16
LATEST ARTICLE
TECHPEDIA Selengkapnya >
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini
-
Apa itu pindai mata dan World Coin, ternyata berbahaya bagi data pribadi pengguna