Perusahaan fashion Italia ini temukan teknologi blokir face recognition AI

Perusahaan fashion Italia ini temukan teknologi blokir face recognition AI

Techno.id - Pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan software face recognition AI yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi wajah. Hal tersebut dapat berfungsi untuk mengidentifikasi identitas seseorang.

Dengan menggunakan software tertentu dan teknologi AI memungkinkan untuk mencocokkan data-data wajah seperti bentuk bibir, mulut, mata, hidung berdasarkan database yang dimilikinya.

Secara garis besar, menurut Allinda Gupta pada tulisannya di Jumpstart, AI Face Recognition bekerja dengan tiga cara yaitu mendeteksi, menganalisa, lalu mengenali. AI jenis ini sangat berguna untuk efisiensi proses administrasi dan imigrasi, selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk mendeteksi pelaku kriminal.

Perusahaan fashion Italia ini temukan teknologi blokir face recognition AI foto: capable.design

Namun tetap saja teknologi ini menimbulkan perdebatan masalah privasi publik. Khususnya di tempat umum, kita tidak bisa menghindari jika terdapat kamera berteknologi AI yang sedang mengumpulkan database wajah dan memasukkan wajah kita ke databasenya tanpa persetujuan. Sebagian peneliti bahkan menyarankan untuk menggunakan masker wajah agar membingungkan sistem AI face recognition.

Di tengah arus ketidakpercayaan terhadap teknologi ini, salah satu perusahaan fashion asal Italia datang menawarkan solusi. Perusahaan bernama Cap_able berhasil meluncurkan pakaian dengan teknologi yang dapat membingungkan algoritma AI pengenalan wajah. Pakaian-pakaian tersebut berada dalam deretan koleksi mereka yang diberi nama Manifesto Collection.

Manifesto Collection adalah pakaian berjenis rajut pertama di dunia yang mampu membentengi pemakainya dari teknologi pendeteksi wajah. Pakaian-pakaian memiliki pola yang diberimana adversarial patch yang didesain berdasarkan algoritma AI untuk membingungkan software pengenalan wajah. Pola pada pakaian ini dapat mengakali AI pengenal wajah untuk mendeteksi pemakainya sebagai hewan-hewan seperti jerapah, zebra, dan anjing.

Perusahaan fashion Italia ini temukan teknologi blokir face recognition AI foto: capable.design

Uniknya, pemakai bahkan tidak perlu untuk menutup wajah mereka agar mendapatkan benefit-benefit yang sudah disinggung di atas. Cap_able memiliki misi untuk melindungi setiap individu dari penyalahgunaan teknologi AI.

Manifesto Collection adalah bukti keberhasilan menggabungkan dua keilmuan yang terlihat saling bertolak belakang yaitu teknologi dan fashion design. Jenis pakaian yang ada di Manifesto Collection pun bermacam-macam, mulai dari hoodie, T-shirt, celana, dan juga dress.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)