Munas mendatang, APJII akan gunakan sistem e-voting

Munas mendatang, APJII akan gunakan sistem e-voting

Techno.id - Pada 18-20 Mei mendatang, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) akan mengadakan Musyawarah Nasional atau Munas di Yogyakarta untuk membahas pemilihan pengurus baru periode 2015-2018. Menariknya, pemilihan Ketua Umum APJII akan menggunakan sistem elektronik voting (e-voting).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Steering Commitee (SC) Wahyoe Prawoto setelah melakukan rapat terakhir persiapan Munas di kantor APJII, Gedung Cyber-1, Jakarta. "Mekanisme ini adalah kali pertama dilakukan di APJII dalam proses pemilihan pengurus sejak asosiasi ini didirikan tahun 1996," ujar Wahyoe seperti dilaporkan oleh Merdeka(13/5/15).

Adapun untuk saat ini calon Ketua Umum APJII sudah ada 7 nama yang akan bertarung, di antaranya Marcellus Ardiwinarta (LinKnet/First Media), Jamallul Izza (MediaLintasData), Teddy Muslih (PC24), Adie Kusuma (ArsenNet), A Sapto Anggoro (Indonusa), Arie Tjajono (CBN), dan Irvan Nasrun (VIP-Net). Ada juga nama Galumbang Menak (Moratel) yang dikabarkan akan ikut bertanding dalam bursa pemilihan ketua umum APJII.

Selain melakukan pemilihan pengurus baru, dalam Munas nantinya APJII juga berencana akan memberikan penghargaan pada tokoh-tokoh nasional yang memiliki legacy positif dalam perkembangan Internet Indonesia antara lain Josh Luhukay (Akademisi UI/Bisnis), Samik Ibrahim (Akademisi UI), Onno W Purbo (Pejuang Internet Rakyat), dan JL Parapak (mantan Sekjen Parpostel).

Perlu Anda ketahui, saat ini jumlah anggota APJII yang terdiri dari perusahaan Internet Service Provider dan Network Access Point telah mencapai 340 perusahaan. Nantinya, sebelum Munas digelar, terlebih dahulu akan diselenggarakan seminar tentang resource Internet yang melibatkan narasumber kompeten, antara lain Sanjaya (Direktur Operasional APNIC), Ismail Ahmad (Direktur Telekomunikasi Khusus Kemkominfo), dan dari APJII sendiri.

(brl/red)