Microsoft: Perhatian manusia jadi menurun karena teknologi!

Microsoft: Perhatian manusia jadi menurun karena teknologi!

Techno.id - Sebuah studi yang dilakukan oleh Microsoft baru-baru ini menemukan bahwa kemampuan manusia dalam memperhatikan suatu hal jadi menurun. Menurut Microsoft, turunnya kemampuan manusia tersebut salah satunya disebabkan oleh kecanggihan teknologi.

Seperti dilaporkan oleh Engadget (17/5/15), studi yang dilakukan dengan menggunakan metode survei dan scanning EEG (Electroncephalography) ini menunjukkan bahwa rentang waktu yang dihabiskan manusia untuk memperhatikan suatu hal adalah rata-rata 8 detik, turun 4 detik dari waktu rata-rata yang dicatat pada awal tahun 2000an, yakni sekitar 12 detik. Kabarnya, penurunan kemampuan ini berasal dari banyak bermunculannya jenis dan merek smartphone yang menawarkan kemudahan, serta konten-konten di internet, seperti jejaring sosial.

Kendati demikian, studi yang dilakukan Microsoft ini juga menemukan bahwa kecanggihan teknologi juga membawa dampak yang positif bagi manusia, seperti peningkatan konsentrasi dan peningkatan kemampuan manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan atau multitasking.

Microsoft: Perhatian manusia jadi menurun karena teknologi!

Ilustrasi penggunaan gadget 2015 engadget.com

(brl/red)