Mengenal uBlock Origin, pemblokir iklan browser, begini cara menginstalnya di ponsel cerdas Android

Mengenal uBlock Origin, pemblokir iklan browser, begini cara menginstalnya di ponsel cerdas Android

Techno.id - Buat kamu yang banyak menghabiskan waktu menjelajahi web, mungkin merasa kesal ketika harus menghadapi munculnya iklan. Seringkali iklan-iklan ini mengganggu. Tapi sebenarnya kamu dapat meminimalkan keberadaan pop-up iklan tersebut.

Meskipun situs-situs besar tertentu seperti YouTube telah memulai tindakan keras global terhadap pemblokir iklan, tapi iklan di sebagian besar situs utama umumnya masih cukup efektif untuk diblokir. Bahkan saat ini banyak pemblokir iklan dapat berfungsi di perangkat seperti ponsel cerdas.

Ada banyak pemblokir iklan terkenal di luar sana termasuk AdGuard, Adblock Plus, dan Ghostery, tetapi bisa dibilang yang paling popular dan diterima dengan baik adalah uBlock Origin. Ekstensi berbasis browser khusus ini menawarkan beberapa fitur khusus yang membedakannya dari ekstensi sejenis lainnya. Namun, mereka yang tertarik untuk memasang pemblokir iklan ini ke ponsel cerdas Android mereka menghadapi beberapa peringatan kuat terkait uBlock Origin.

Mengenal uBlock Origin, pemblokir iklan browser, begini cara menginstalnya di ponsel cerdas Android foto: freepik/ksandrphoto

uBlock Origin telah ada selama lebih dari satu decade. Ekstensi browser ini awalnya dirilis pada tahun 2014. Sejak saat itu, ekstensi ini telah membangun reputasi sebagai salah satu pemblokir iklan terbaik dan paling kaya fitur. Bahkan di Web Chrome Store, ekstensi ini diklaim telah menjangkau sekitar 36 juta pengguna global, dan mempertahankan peringkat bintang 4,7 yang mengesankan dari lebih dari 29.000 ulasan pengguna.

Sementara itu, halamannya di toko Add-On Browser Mozilla Firefox menyumbang lebih dari 7,7 juta pengguna dan peringkat bintang 4,8 dari lebih dari 17.400 ulasan. Tidak seperti banyak pemblokir iklan, uBlock Origin dipasarkan sebagai pemblokir konten yang mencakup semua. Ini memberi pengguna kemampuan untuk secara selektif menyaring semua jenis elemen penjelajahan web yang tidak diinginkan. Misalnya, pengguna dapat dengan mudah memblokir iklan biasa, tetapi mereka juga dapat menghentikan situs web dan browser yang melacak informasi mereka, memasukkan URL berbahaya ke daftar hitam yang mungkin menampung malware, dan banyak lagi. Di luar daftar fitur yang tersedia, ada banyak hal yang mungkin dianggap sebagai kualitas layanan yang paling penting, ekstensi ini sepenuhnya open-source dan gratis untuk diunduh.

Sebagai program berbasis ekstensi, uBlock Origin menyertakan dukungan untuk sejumlah browser web terbesar di luar sana. Situs resmi layanan mencantumkan Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, Chromium, dan Safari sebagai platform yang didukung di mana sebagian besar memiliki ekstensi klik dan pasang sendiri yang mudah tersedia.

Namun, penting untuk dicatat bahwa daftar platform ini difokuskan pada kompatibilitas di lingkungan desktop atau laptop. Nah untuk membuat uBlock Origin berfungsi di ponsel Android sedikit lebih rumit.

(brl/red)