Jejak sejarah BlackBerry sejak awal hingga disuntik mati, ponsel pintar ini pernah mengubah dunia

Jejak sejarah BlackBerry sejak awal hingga disuntik mati, ponsel pintar ini pernah mengubah dunia

Techno.id - Bagi generasi 2000-an pasti mengenal BlackBerry, perangkat yang pernah sangat popular di pasar ponsel pintar pada masanya. Bahkan beberapa perangkat BlackBerry pernah menyandang label ikonik.

BlackBerry lahir pada 19 Januari 1999, dengan dirilisnya BlackBerry 850. Di tahun-tahun berikutnya, merek ini tumbuh secara eksponensial, menawarkan sesuatu yang tidak dapat disentuh para pesaingnya ketika itu. Salah satu keunggulan BlackBerry yang ditawarkan adalah push email, sehingga pengguna dengan mudah membuka email.

Papan ketik QWERTY fisik menjadi keunggulan lain yang ditawarkan BlackBerry untuk mempermudah pengguna menyelesaikan sejumlah tugas. Pengguna dapat mengirim email dari mana saja.

Saat itu, untuk mengirim pesan, BlackBerry menawarkan fitur BBM, layanan Pesan Instan BlackBerry, layaknya WhatsApp saat ini. Pengguna hanya cukup berbagi nomor PIN untuk saling berhubungan.

Sayangnya, masa-masa kejayaan BlackBerry telah berlalu. Pada 2016 lalu, BlackBerry mengumumkan tidak lagi membuat perangkat sendiri. TCL mengambil alih lisensinya. Lalu pada 2020, lisensi TCL berakhir dan diambil alih OnwardMobility.

Setahun kemudian OnwardMobility bekerja sama dengan produsen, FIH Mobile, dan mengumumkan rencana untuk merilis BlackBerry 5G. Sayangnya, OnwardMobility ditutup, membawa serta rencana untuk meluncurkan ponsel tersebut dan bergabung dengan jajaran ponsel Android di pasar.

Baru-baru ini banyak orang kembali pada kenangan masa-masa menggunakan BlackBerry setelah diluncurkan film berjudul BlackBerry pada Mei 2023 lalu. Nah buat kamu yang ingin bernostalgia dengan BlackBerry, berikut techno.id sajikan deretan perangkat yang pernah hits di masanya.

(brl/red)