Intel mengumumkan fitur Thunderbolt Share terbaru untuk berbagi file dan perangkat PC ke PC

Intel mengumumkan fitur Thunderbolt Share terbaru untuk berbagi file dan perangkat PC ke PC

Techno.id - Intel baru saja mengumumkan fitur baru untuk Thunderbolt yang dirancang untuk membuat hidup lebih mudah bagi orang-orang yang memiliki laptop dan desktop, atau dua PC berbeda yang sering mereka gunakan. Fitur Thunderbolt Share ini memungkinkan dua PC untuk berjejaring bersama melalui Thunderbolt untuk berbagi file, layar, dan perangkat yang terhubung.

Intel mengatakan fitur ini sekarang tersedia untuk OEM PC, yang dapat melisensikan teknologi untuk PC bawaan mereka, sehingga pembuat PC DIY tidak dapat menikmati fitur baru ini.

Thunderbolt Share memungkinkan dua PC dihubungkan dengan beberapa cara. Keduanya dapat dihubungkan dengan kabel Thunderbolt fisik melalui dok Thunderbolt berlisensi atau dengan kedua PC terhubung ke layar Thunderbolt.

Misalnya, kamu memiliki laptop dengan kabel Thunderbolt 4 atau 5 yang beralih dari laptop ke PC desktop, lalu PC terhubung ke monitor. Kamu kemudian dapat mengoperasikan kedua komputer pada layar yang sama dengan mouse dan keyboard, berbagi file di antara keduanya.

Intel mengumumkan fitur Thunderbolt Share terbaru untuk berbagi file dan perangkat PC ke PC foto: intel

Koneksi antar komputer ini dibuat melalui aplikasi baru yang harus diunduh pada kedua komputer, tetapi hanya satu PC yang harus memiliki lisensi untuk fitur berbagi Thunderbolt.

Setelah koneksi dibuat, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas untuk berbagi sumber daya antara dua PC menggunakan koneksi bandwidth tinggi. Misalnya, kamu dapat menarik dan mengirim file di antara kedua komputer secara langsung di File Explorer atau menyinkronkan folder di antara keduanya, seperti dokumen, gambar, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menggunakan fitur ini sebagai semacam KVM, karena memungkinkan kamu mengontrol komputer lain. Cara ini juga memungkinkan kamu melihat tampilan PC kedua dan mengontrolnya dengan mouse dan keyboard yang terpasang.

Intel mengatakan kamu juga dapat mencolokkan drive eksternal ke PC kedua dan mengaksesnya dari PC pertama, mengurangi jumlah sneakernet (transfer data dan file elektronik antara komputer melalui media yang dapat dilepas seperti hard drive, flash drive dan disk optik) di rumah.

Namun fitur ini hanya didukung Thunderbolt 4 dan 5 versi terbaru. Thunderbolt bukanlah sesuatu yang kamu temukan di banyak komputer desktop. Intel menyatakan bahwa chip desktop Arrow Lake yang akan datang akan mendukung Thunderbolt 5, jadi mungkin ini akan menjadi lebih umum.

Intel mengatakan Thunderbolt Share akan tersedia dalam PC dan aksesori bawaan pada paruh kedua tahun 2024. Perusahaan seperti Lenovo, Acer, MSI, Razer, Kensington, Belkin, Promise, Plugable, OWC, dan lainnya akan mulai menawarkan produk yang kompatibel akhir tahun ini.

(brl/red)