Begini cara Indosat manfaatkan gelang kesehatan pintar untuk membantu menurunkan angka stunting

Begini cara Indosat manfaatkan gelang kesehatan pintar untuk membantu menurunkan angka stunting

Techno.id - Stunting saat ini masih menjadi masalah yang dihadapi di beberapa daerah di Indonesia. Nah di era digital seperti sekarang, teknologi dapat membantu mengurangi angka stunting.

Terobosan inilah yang dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business. Indosat menyediakan gelang kesehatan pintar untuk memantau kondisi ibu hamil sekaligus bertujuan untuk pencegahan stunting sejak dalam kandungan lewat pemanfaatan teknologi digital.

Gelang kesehatan pintar berbasis bluetooth yang terhubung dengan smartphone ini berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan para ibu hamil melalui indikasi denyut nadi, tekanan darah, saturasi oksigen (SpO2), suhu tubuh, dan indikator kesehatan penting lainnya.

Dalam penggunaan gelang pintar ini, Indosat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Hal ini menjadi langkah awal Indosat Business dalam mempercepat penerapan smart city pada program Smart Kabupaten Sumedang (SKS). Saat ini Kabupaten Sumedang menjadi salah satu tolok ukur kota/kabupaten dalam penerapan progam Smart City oleh pemerintah Indonesia. Kabupaten Sumedang dengan 1,5 juta jiwa penduduk akan membutuhkan sekitar 25 ribu unit gelang kesehatan pintar per tahun.

Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah mengungkapkan, Indosat Business berkomitmen memberdayakan Indonesia dengan mempercepat transformasi digital di Tanah Air dengan pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) terkini dalam kolaborasi dengan Pemkab Sumedang.

Program IoT Smart Wearable Pilot Project ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Indosat dengan Pemkab Sumedang dalam penyediaan layanan internet serta solusi teknologi informasi dan komunikasi untuk solusi kota pintar Sumedang, Jawa Barat.

Selain gelang Kesehatan pintar, Indosat juga mendukung implementasi Smart City di Kabupaten Sumedang lewat peningkatan kualitas dan cakupan jaringan 4G, membangun media konektivitas berupa fiber optic atau radio yang menghubungkan semua fungsi dinas atau operasional (Kecamatan/OPD), membangun command center, dan mengembangkan aplikasi IoT. Layanan dan solusi yang dihadirkan Indosat Business akan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang.

(brl/red)