BCN terbentuk maka tak ada lagi penyadapan presiden

BCN terbentuk maka tak ada lagi penyadapan presiden

Techno.id - Penyadapan presiden yang terjadi tahun lalu memang mengganggu keamanan nasional, apalagi penyadapan tersebut bersangkutan dengan masalah informasi rahasia miliki negara.

Namun, dilansir oleh Merdeka.com (03/06/15), Menurut pakar teknologi informasi, Ruby Alamsyah, rencana pemerintah akan membentuk Badan Cyber Nasional (BCN) diharapkan mampu menjadi wadah yang bisa mengkoordinasi seluruh ancaman di dunia cyber.

"Karena isinya multi stakeholder, diharapkan dapat menjadi sebuah badan yang mengkoordinasi secara optimal ancaman-ancaman di dunia cyber," tuturnya, dikutip dari Merdeka.com (03/06/15).

"Kebutuhan adanya Desk Cyber dan juga BCN nantinya, diharapkan dapat menjadi pusat penanganan insiden Cyber yang terkait Infrastruktur Penting Nasional," paparnya.

Ia juga menambahkan jika dengan adanya BCN, BCN harus fokus kepada keamanan infrastruktur penting nasional. Ia juga berharap dengan dibentuknya BCN, sudah tidak ada lagi permasalahan tentang penyadapan presiden.

"Diharapkan kejadian seperti penyadapan terhadap Ring 1 atau Presiden RI tidak terjadi lagi, begitu juga penyadapan terhadap orang-orang atau instansi penting lainnya, infrastruktur penting nasional tidak mudah diganggu atau disabotase oleh pihak asing, dan lain-lain," ujarnya.

Pakar IT itu pun cukup optimis jika BCN ini mampu meredam persoalan-persoalan yang krusial di wilayah cyber. "Kalau koordinasi berjalan mestinya tinggi optimisnya," tutupnya.

(brl/red)