Badan Cyber Nasional akan dibentuk pada tahun 2016?

Badan Cyber Nasional akan dibentuk pada tahun 2016?

Techno.id - Indonesia nampaknya sangat membutuhkan perlindungan khusus untuk menangani masalah serangan cyber. Berbagai kalangan mulai mengusulkan alternatif untuk menindaklanjuti hal ini, salah satunya dengan pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Tedjo Edhy Wibowo, juga sempat mengungkapkan pembentukan BCN pada bulan Maret 2015. Menurutnya, BCN penting untuk melindungi seluruh institusi pemerintahan dari penyadapan, termasuk presiden, seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (8/9/15).

Terlebih, telah diketahui sebelumnya bahwa jaringan telepon genggam di Indonesia sering disadap oleh Australia dan Selandia Baru. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, bukan tak mungkin negara-negara lain juga akan melakukan serangan cyber untuk melumpuhkan Indonesia dari sektor dunia maya.

Tahun lalu, tepatnya tanggal 12 Desember 2014, penamaan Badan Cyber Nasional juga telah diusulkan pihak Kemenkopolhukam kepada Presiden Joko Widodo. Kemudian, usulan tersebut mulai mendapat perhatian Presiden dan terus dibicarakan bersama kementerian lain sepanjang tahun 2015.

Bahkan, pada 22 Juni 2015, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menyetujui penambahan anggaran persiapan pembentukan Badan Cyber Nasional di awal tahun 2016. Dana yang dikucurkan untuk pembentukan BCN diperkirakan mencapai Rp 3 miliar.

Hingga saat ini, di awal September 2015 pembahasan BCN sudah memasuki tahap akhir, di mana kajian-kajian yang telah dihasilkan Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional (DK2ICN) sedang dibahas oleh tim khusus bentukan Kemenkopolhukam dan hasilnya akan dilaporkan pada Presiden Joko Widodo pada Oktober 2015. Akankah Badan Cyber Nasional dibentuk pada tahun 2016?

(brl/red)