Appaja, bikin ngangkot di Jakarta lebih gampang

Appaja, bikin ngangkot di Jakarta lebih gampang

Techno.id - Jakarta punya beragam angkutan umum sebagai sarana transportasi publik yang bisa membawa kita dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Saking banyaknya varian angkutan yang ada di Jakarta, tak jarang kita malah kebingungan ketika akan menggunakan jasa angkutan umum di Ibukota Negara Indonesia ini.

Appaja, bikin ngangkot di Jakarta lebih gampang

Sebuah layanan yang memberikan kemudahan masyarakat ketika ingin beraktivitas menggunakan transportasi umum pun akhirnya hadir. Layanan yang diberi nama Appaja ini merupakan kepanjangan Aplikasi Angkutan Jakarta dan dibuat oleh pengembang asal Indonesia.

Terdapat fitur Panduan yang menyajikan informasi detail bagi pengguna yang ingin melakukan perjalanan di Jakarta menggunakan berbagai angkutan umum mulai dari bus kota, bus menengah hingga angkutan kecil dan taksi. Pada fitur panduan, Appaja juga memberikan perkiraan ongkos yang diperlukan baik menggunakan aneka angkot atau pun taksi.

Appaja, bikin ngangkot di Jakarta lebih gampang

Aplikasi ini memakai tampilan yang sangat menarik. Pembuatnya mengadopsi tampilan visual ala kartun yang berbeda-beda bagi tiap moda. Bahkan, bagi pengguna yang masih tak tahu bentuk angkutan yang dimaksud dalam rute panduan tak perlu khawatir, karena aplikasi ini ada tampilan ilustrasi bentuk, warna dan ukuran kendaraan yang dimaksud.

Berikutnya menu Rute. Di sini Appaja menjelaskan secara detil bila pengguna harus berjalan kaki, pindah angkutan, transit di stasiun atau pun halte berikutnya, posisi terkini penggunanya sampai lama waktu tunggu rata-rata tiap angkot yang akan dinaiki. Soal waktu tunggu yang diperlukan, pengguna aplikasi bisa cukup mempercayai Appaja karena para pengembang mengaku menguji sendiri waktu tunggu yang perlu dihabiskan bagi tiap rute angkutan.

Selain itu, ada juga menu Tips yang akan memberitahukan penjelasan untuk penggunanya mengenai tata cara dalam hal etika, keamanan, dan kenyamanan saat menggunakan kendaraan umum. Yang terakhir yakni menu Vocabulary yang memberikan terjemahan percakapan yang sering dilakukan antara penumpang terhadap supir maupun kondektur. Menu ini memberikan terjemahan dari bahasa Inggris ke Indonesia.

Appaja, bikin ngangkot di Jakarta lebih gampang

Awalnya, Appaja hanya tersedia dalam bentuk aplikasi di perangkat berbasis Android, namun belakangan pengembangnya menambahkan versi web agar bisa dinikmati lebih banyak pengguna. Mau coba pakai aplikasi Appaja untuk menjelajahi kota Jakarta? Anda bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store atau pakai versi web dengan mengunjungi situs resmi Appaja.com

(brl/red)