9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya

9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika fitur terbaik dari semua ponsel gaming adalah daftar spesifikasinya yang luar biasa. Beberapa ponsel gaming terbaik yang ada di pasaran saat ini memiliki RAM hingga 18GB, layar dengan kecepatan refresh 165Hz, baterai 6000mAh, dan tentu saja, chipset Snapdragon terbaru.

Namun, spesifikasi kelas atas bukanlah satu-satunya hal yang membuat ponsel gaming lebih baik daripada ponsel flagship biasa. Berikut ini sembilan fitur ponsel gaming terbaik yang harus dimiliki semua ponsel pintar.

1. Baterai Ganda

9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya foto: androidheadlines.com

Baterai sel ganda adalah fitur perangkat keras di mana ponsel menggunakan dua sel yang lebih kecil, bukan satu sel besar. Sebagai contoh, ponsel baterai ganda dengan kapasitas baterai total 5000mAh akan menampung 2500mAh di setiap sel.

Dengan membagi baterai menjadi dua sel, kamu juga membagi daya yang masuk saat mengisi daya. Berkurangnya tekanan pada setiap sel membantu mengurangi panas, meningkatkan kecepatan pengisian daya, dan memperlambat degradasi untuk menjaga kesehatan baterai.

Kekurangannya? Fitur ini membuat ponsel menjadi sedikit lebih besar untuk mengakomodasi celah antara sel dan perangkat keras manajemen daya untuk membagi daya. Jika tidak dapat memperbesar ukuran ponsel, maka harus membuat baterainya lebih kecil.

2. Pengisian daya pass-through

9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya foto: freepik/user33769719

Salah satu fitur terbaik ponsel gaming adalah pengisian daya pass-through atau yang juga sering disebut bypass charging atau pemisahan pengisian daya. Ketika dicolokkan ke sumber listrik, fitur ini memungkinkan ponsel kamu diberi daya dari sumber listrik itu sendiri tanpa menyentuh baterai sehingga mengurangi panas.

Dengan kata lain, daya yang diterima dari pengisi daya tidak disalurkan ke baterai, tetapi langsung disalurkan ke ponsel, yang pada dasarnya mengubahnya menjadi gadget berkabel. Cara ini memungkinkan baterai untuk diam, tetap dingin, dan menjaga kesehatannya saat kamu melakukan tugas-tugas berat.

3. Soket headphone

9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya foto: freepik/vecstock

Saat ini, jack headphone menghilang hamper dari ponsel flagship. Sekarang ponsel kelas menengah juga mengikutinya. Tetapi jika kamu perhatikan, ponsel gaming tampaknya tidak mengikuti tren ini. Mengapa? Karena headphone berkabel lebih baik daripada headphone nirkabel dalam hampir semua hal yang bisa dibayangkan, terutama bagi para gamer.

Para gamer memilih headphone berkabel daripada nirkabel untuk menikmati latensi yang lebih rendah. Teknologi nirkabel belum cukup cepat untuk bersaing dengan alternatif kabel. Bagi para gamer, latensi beberapa milidetik saja dapat menciptakan perbedaan antara menang dan kalah dalam sebuah pertandingan.

Bahkan jika kamu bukan seorang gamer dan hanya menggunakan headphone untuk mendengarkan musik secara kasual, headphone berkabel masih merupakan pilihan yang lebih baik karena lebih murah, lebih ringan, lebih tahan lama, lebih mudah diperbaiki, tidak perlu diisi daya, dan menawarkan kualitas suara yang lebih baik. Karena tidak memiliki baterai, headphone ini juga tidak cepat rusak, yang berarti kamu dapat menggunakannya selama beberapa tahun.

4. Speaker stereo ganda

9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya foto: freepik/racool_studio

Speaker stereo ganda membuat segala bentuk konsumsi media menjadi lebih imersif, baik itu menonton film, video YouTube, atau bermain game. Beberapa ponsel gaming, seperti ROG Phone 6 Pro, memiliki speaker stereo menghadap ke depan yang memungkinkan suara diarahkan langsung ke arah pengguna, sehingga setiap nada terdengar lebih keras dan lebih bersih, membuat pengalaman lebih imersif.

5. Dukungan untuk lebih banyak codec Bluetooth

9 Fitur ponsel gaming yang seharusnya bisa dimiliki semua smartphone, termasuk batas pengisian daya foto: freepik

Bluetooth adalah bahasa yang digunakan ponsel dan earbud nirkabel untuk berkomunikasi, dan codec Bluetooth adalah dialek khusus yang merinci informasi yang akan mereka bagikan. Ada beberapa codec yang berbeda lebih cocok untuk mendengarkan musik, bermain game, menelepon, atau menonton video.

Ponsel biasa hanya mendukung codec dalam jumlah yang sangat terbatas. Sebaliknya, ponsel gaming menawarkan dukungan untuk codec kelas atas seperti LDAC, aptX HD, aptX Adaptive, dan banyak lagi. Dengan adanya dukungan untuk lebih banyak codec, pengguna dapat lebih mengontrol kualitas suara headphone nirkabel.

(brl/red)