6 Sikap ini akan memudahkan Anda lepas dari belenggu gadget

6 Sikap ini akan memudahkan Anda lepas dari belenggu gadget

Techno.id - Hari demi hari, semakin banyak saja orang yang kecanduan gadget. Memang, di satu sisi kehadiran peranti canggih tersebut sangat membantu untuk meringankan pekerjaan Anda. Namun di sisi lain, kemudahan tersebut malah membuat Anda terlalu tergantung. Buktinya pun sahih; AppXperts pernah mengadakan survei dan mengungkap bahwa 80 persen orang memiliki beberapa gadget dan menggunakannya secara bergantian untuk menyelesaikan tugas yang berbeda-beda. Beberapa gadget yang lazim dimiliki dan dimaksimalkan antara lain smartphone, PC, tablet, dan televisi.

Masih dalam survei yang sama, AppXperts juga menemukan bukti mengerikan soal candu peralatan elektronik yang Anda miliki. Menurut pengembang aplikasi smartphone asal Australia tersebut, 65 persen populasi manusia mengecek ponsel pintarnya saat berada di pasar atau toko. Sedangkan sisanya, sebanyak 35 persen, memfungsikan smartphone dalam perjalanannya ke tempat berbelanja tersebut.

Menanggapi masalah tersebut, Inc. (29/7/14) mengajukan enam ide sederhana untuk mengekang ketergantungan Anda pada ponsel pintar dan gadget pada umumnya, seperti:

1. Saat sedang berjalan santai, masukkan tangan Anda ke dalam saku. Jika Anda tidak memiliki saku, posisikan tangan Anda ke belakang dan berpura-puralah Anda sedang memakai borgol gaib.

2. Hapus semua aplikasi di gadget yang kerap memancing Anda untuk berbelanja.

3. Saat berada di dalam pesawat, segera matikan gadget Anda begitu disarankan oleh pramugari. Lebih baik, nikmatilah perjalanan Anda dengan membaca majalah dan buku atau beristirahat.

4. Hentikan penggunaan gadget Anda sebagai alarm.

5. Jika sudah melewati empat tahap sebelumnya dengan sukses, kali ini Anda sudah semakin dekat dengan kesembuhan. Setiap hari mulai pukul tujuh malam sampai duabelas jam ke depan, cobalah untuk tidak menyentuh gadget sekali pun. Gunakan waktu tersebut untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman atau menikmati waktu sendirian.

6. Pada akhirnya, beranikan diri Anda untuk berbincang ringan dengan orang lain saat sedang mengantre di mana pun. Lakukanlah hal itu daripada menunduk dan mengecek gadget terus menerus.

Silakan ikuti langkah yang sederhana di atas dan ceritakan pada kami perubahan yang Anda rasakan.

(brl/red)