4 Alasan mengapa kamu membutuhkan tripod untuk fotografi smartphone

4 Alasan mengapa kamu membutuhkan tripod untuk fotografi smartphone

Techno.id - Meskipun kamu dapat mengambil banyak jenis foto ponsel cerdas dengan tangan, beberapa keadaan memerlukan tripod. Ada empat skenario di mana kamu wajib memerlukan tripod untuk fotografi ponsel cerdas. Permukaan yang rata mungkin cukup, tetapi tripod akan membantu kamu mendapatkan foto yang lebih baik.

1. Cuaca berangin atau dingin

4 Alasan mengapa kamu membutuhkan tripod untuk fotografi smartphone foto: freepik/ivandan

Betapa sulitnya mengambil foto saat angin kencang atau suhu turun terlalu dingin. Sangat sulit untuk mengambil gambar ketika tangan kamu dingin atau saat menggunakan sarung tangan. Jadi sangat mungkin akan sulit mengambil foto dengan tangan.

Saat kamu kedinginan atau saat berangin, tubuh akan lebih banyak bergerak, terutama jika kamu tidak mengenakan pakaian untuk cuaca dingin. Saat mengambil gambar, bisa dipastikan kamera smartphone akan goyang.

Menempatkan ponsel cerdas pada tripod akan mengurangi masalah tersebut. Manfaat lain menggunakan tripod saat cuaca dingin, kamu tidak perlu terlalu sering menggunakan tangan dan dapat tetap memakai sarung tangan. Pertimbangkan untuk membeli pemicu jarak jauh (remote) kamera.

2. Potret selfie

4 Alasan mengapa kamu membutuhkan tripod untuk fotografi smartphone foto: freepik/topntp26

Jika kamu ingin mencoba beberapa pengambilan gambar potret selfie yang kreatif, kamu memerlukan tripod. Kamu juga disarankan menggunakan remote kamera dan mengatur timer pada ponsel cerdas.

Kamu dapat menggunakan tripod untuk potret selfie di dalam dan di luar ruangan. Jika kamu membutuhkan tripod untuk potret selfie di luar ruangan, pertimbangkan daya tahan dan kepraktisannya.

3. Situasi minim cahaya

4 Alasan mengapa kamu membutuhkan tripod untuk fotografi smartphone foto: freepik/new africa

Mengingat bahwa cahaya adalah inti dari fotografi, menangkap gambar dalam situasi minim cahaya merupakan tantangan. Sebagian besar kamera smartphone tidak setingkat dengan kamera full frame seperti perangkat DSLR dan mirrorless. Karena alasan ini, mengambil foto yang bagus dalam kondisi minim cahaya lebih sulit dilakukan di smartphone.

Tripod akan mempermudah pengambilan foto yang bagus di malam hari atau di dalam ruangan saat kamu memiliki sedikit cahaya alami. Hasilnya, ponsel kamu akan tetap stabil, mengurangi kemungkinan gambar buram karena goyangan kamera. Ini sangat penting karena beberapa perangkat selular default bisa diatur ke kecepatan rana yang lebih lama.

4. Fotografi long exposure

4 Alasan mengapa kamu membutuhkan tripod untuk fotografi smartphone foto: techno.id/yani andriyansyah/microsoft copilot ai generative

Terlepas dari apakah kamu menggunakan ponsel cerdas atau kamera, fotografi long exposure adalah salah satu teknik yang sulit untuk dikuasai dengan kamera di tangan. Karena kamera kamu perlu menangkap cahaya untuk waktu yang lama, tripod menjadi solusi.

Banyak ponsel cerdas modern memungkinkan kamu mengatur kecepatan rana dua detik, dan iPhone 15 bahkan memungkinkan kamu mengambil gambar dari kamera belakang dengan kecepatan lima detik. Setelah mengetuk tombol ambil (sekali lagi, remote berguna di sini), menjauhlah dari perangkat kamu dan biarkan perangkat melakukan sisanya.

Jangan khawatir jika ide menggunakan tripod mengharuskan kamu membawa tas kamera besar dan berat, tenang saja. Sebab, kebanyakan tripod modern, terutama yang dirancang untuk ponsel cerdas, ringan dan ringkas.

(brl/red)