CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 15 April 2016 05:00

Yahoo ternyata punya tiga aset bernilai triliunan rupiah, apa saja?

Aset yang dimaksud adalah saham di Yahoo Jepang, hak paten, dan properti real estate.

Yahoo ternyata punya tiga aset bernilai triliunan rupiah, apa saja?

Techno.id - Dibalik kemelut keuangan dan rencana penjualan saham bisnis intinya, ternyata Yahoo sebenarnya memiliki beberapa aset yang dinilai amat berharga. Tiga aset yang dimaksud adalah saham Yahoo di Jepang, hak paten, dan juga properti real estate.

Robert Peck, analis dari SunTrust mengungkapkan jika tiga aset ini bisa jadi kekuatan Yahoo saat menawarkan saham kepada para calon pembeli. Menurutnya, jika ketiga aset ini dijual maka kemungkinan besar masalah keuangan yang harus dihadapi oleh perusahaan di bawah kepemimpinan Marissa Mayer itu bisa ditutupi.

Mengutip pernyataan Peck dari laman BusinessInsider (14/4/16), nilai saham Yahoo di Jepang yang merupakan perusahaan patungan dengan beberapa mitra (salah satunya Softbank) saja tahun lalu mencapai Rp1,19 tiliun. Belum lagi nilai hak paten yang dimiliki Yahoo saat ini.

Menurut Peck, hingga saat ini Yahoo diperkirakan memiliki lebih dari 2000 hak paten yang terdaftar di lembaga hak paten Amerika. Nah, jika diuangkan maka kemungkinan hak paten bakal menghasilkan uang sekitar Rp3.966 triliun.

Properti real estate pun kabarnya juga bisa menghasilkan dana yang tak sedikit untuk menutupi masalah keuangan yang selama ini menghantui perusahaan. Peck memperkirakan jika disewakan saja, maka properti yang terdiri dari 1 juta kaki persegi ruang kantor dan tanah di sekitar kantor pusat Sunnyvale per tahunnya bisa menghasilkan sekitar Rp793,2 miliar.

Nah dari penjelasan Peck di atas, kira-kira perusahaan mana saja yang jeli melihat potensi Yahoo ini ya? Apakah Verizon, Alphabet, Daily Mail, Microsoft, atau perusahaan lainnya?

WHAT TO READ NEXT ?