Windows 10 dikatakan gagal tingkatkan penjualan PC

Windows 10 dikatakan gagal tingkatkan penjualan PC

Techno.id - Sejak resmi dirilis pada kuartal ketiga tahun 2015, lembaga analis International Data Corporation (IDC) mengungkapkan bahwa sejatinya Windows 10 tidak berhasil membantu meningkatkan penjualan perangkat komputer alias PC.

Sebagaimana dikutip dari Softpedia (09/10), di kuartal tersebut, IDC mengumumkan bahwa penjualan PC secara global adalah sebesar 71 juta unit. Yang artinya yakni lebih rendah dari prediksi awal Microsoft hingga 9,2 persen.

Menariknya, penurunan penjualan PC ini ternyata sudah dialami sejak hari-hari Windows 10 diluncurkan oleh Microsoft. Dengan kata lain, debut Windows 10 sejak awal memang sudah tidak begitu efektif bagi penjualan perangkat PC.

"Di saat Windows 10 menerima banyak ulasan yang bersifat menguntungkan untuk menarik minat konsumen PC, banyak pengguna yang lebih memilih upgrade daripada membeli PC baru," ungkap IDC dalam laporannya.

"Selain itu, jarak waktu pengumuman dan peluncuran Windows 10 yang singkat telah membuat para produsen PC kesulitan meluncurkan model yang dirancang khusus untuk Windows 10, sehingga variannya lebih terbatas," tambah laporan tersebut.

Lebih lanjut, para pengecer saat ini juga tengah berusaha untuk 'membersihkan' perangkat Windows 8 di saat Windows 10 baru saja dirilis. Hal ini kian diperparah lantaran Microsoft menyediakan upgrade gratis Windows 10 dari Windows 7 dan 8, yang artinya Windows 10 mendukung perangkat lama.

(brl/red)