CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 23 April 2016 07:00

Waspada, scam pencuri ID dan password Apple sedang mengintai!

Scam pencuri ID dan password Apple terlihat meyakinkan karena mampu menebak nama lengkap si pemilik akun

Waspada, scam pencuri ID dan password Apple sedang mengintai!

Techno.id - Penipuan digital (phishing scam) biasanya mengincar informasi seperti nomor kartu kredit dan sejenisnya. Namun menurut laporan terbaru dari Independent (19/04), target mereka kini menyebar hingga akun dan kata sandi Apple.

Target baru ini, menurut Independent, berformat pesan singkat (SMS) yang mengatakan bahwa akun Apple sudah mendekati masa kadaluarsa (expired). Agar terlihat lebih meyakinkan, scam model ini bahkan mengetahui nama lengkap para korbannya.

Phishing scam baru yang menyasar ID dan password Apple
© 2016 Twitter/Dave Vitty

Seperti tampak pada gambar di atas, scam tersebut kemudian meminta korban untuk mengisi informasi detail ke halaman Apple Support yang beralamatkan di http://appleidlogin.co.uk/. Ya, domain itu bukan milik Apple!

Dari contoh di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, domain resmi Apple adalah http://www.apple.com/. Kedua, akun Apple tidak memiliki masa kadaluarsa. Ketiga, Apple sudah mengingatkan pengguna untuk tidak menyebar informasi sensitif.

Ada tiga tips sederhana untuk mencari tahu keaslian situs resmi Apple. Pertama, pastikan nama domain hanya Apple.com. Kedua, nama Apple Inc. terpampang di halaman tersebut. Ketiga, pastikan ada ikon gembok sebelum url Apple.com.

WHAT TO READ NEXT ?