'USB Killer' dapat menghancurkan laptop begitu ditancapkan

'USB Killer' dapat menghancurkan laptop begitu ditancapkan

Techno.id - Selama ini, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa malware bisa menghapus data. Namun ternyata, ancaman itu bisa lebih berbahaya karena kini terdapat malware jenis baru yang dapat menghancurkan laptop fisik Anda melalui USB Killer.

Seperti yang Anda lihat di video tersebut, USB Killer hanyalah USB stick biasa. Namun, ketika perangkat tersebut ditancapkan ke laptop, seketika itu juga laptop langsung mati. Bahkan, ketika pemiliknya mencoba menghidupkan lagi dengan bantuan charger, laptop itu tetap tak tertolong.

USB yang membahayakan ini diciptakan oleh "Dark Purple" seorang peneliti keamanan dari Rusia. Peneliti ini merancang USB Killer agar tampak seperti USB biasa, tetapi sebenarnya USB tersebut adalah senjata cyber yang dapat menghancurkan komputer dengan mengirim sambaran listrik melalui perantara USB.

Dark Purple juga mengklaim bahwa USB Killer bisa menghancurkan semua peralatan yang memiliki port USB. Namun sayang, dirinya tak mau mengungkap teknologi seperti apa yang dibenamkan pada USB tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa tujuan dibuatnya USB Killer adalah untuk bertindak sebagai virus dan perangkat autodestruct (penghancur otomatis, seperti sering terlihat di film mata-mata).

(brl/red)