CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 15 Maret 2016 22:00

Unik, Amazon bakal gunakan selfie sebagai sistem otorisasi pembayaran

Raksasa ritel online Amerika itu dilaporkan berniat menggunakan selfie untuk mempermudah proses transaksi pembayaran di masa depan.

Unik, Amazon bakal gunakan selfie sebagai sistem otorisasi pembayaran

Techno.id - Amazon kabarnya bakal menggunakan selfie sebagai sistem otorisasi pembayaran di masa depan. Raksasa ritel online asal Amerika tersebut, dilaporkan telah mengajukan hak paten atas sistem otorisasi pembayaran unik tersebut ke badan paten Amerika Serikat alias USPTO.

Pihak Amazon dalam permohonan paten resmi yang diajukan akhir tahun lalu berujar jika sistem otorisasi pembayaran menggunakan cara tersebut akan memudahkan pengguna mengakses informasi dan menjauhkan pengguna dari bahaya penipuan yang kerap dialami oleh para pengguna jasa ritel online. Dengan sistem tersebut, kata kunci bakal jauh lebih unik dan aman karena menggunakan gerakan wajah seperti tersenyum atau pose lainnya yang sangat khas pengguna.

Sebagaimana dilansir oleh NDTV (15/3/16), sistem otorisasi pembayaran ini nantinya akan menangkap cuplikan gerakan atau pose dari pengguna. Sistem bakal meminta pengguna untuk melakukan gerakan khusus sebelum melakukan pemesanan barang atau pembayaran barang yang dipesan.

"Sistem ini dapat meminta pengguna untuk melakukan tindakan atau gerakan tubuh tertentu, seperti tersenyum, berkedip, atau memiringkan kepala," ujar pihak Amazon.

Selain Amazon, kabarnya perusahaan ritel online raksasa asal Tiongkok Alibaba dan perusahaan pembayaran MasterCard juga berniat menggunakan sistem otorisasi pembayaran menggunakan fitur pengenalan wajah.

WHAT TO READ NEXT ?