Tiongkok bakal bangun jaringan kabel bawah laut di Indonesia

Tiongkok bakal bangun jaringan kabel bawah laut di Indonesia

Techno.id - Pembangunan jaringan kabel bawah laut sedang ditingkatkan untuk menjamin jaringan listrik berjalan lancar. Rupanya, pembangunan ini menarik perhatian Tiongkok dan membuat mereka berkeinginan membangun jaringan kabel bawah laut untuk menghubungkan jaringan listrik antar pulau di Indonesia.

"Ada minat yang besar dari Tiongkok untuk membangun instalasi kabel bawah laut," kata Ngurah Swajaya selaku Ketua Pelaksana Harian Pokja Diplomasi Ekonomi Kementerian Luar Negeri dalam Forum Dialog Pengembangan Kerja Sama Infrastruktur Kemaritiman antara Indonesia dan Amerika Serikat di Batam, Kepulauan Riau, seperti yang disadur dari AntaraNews (16/6/15).

Walau mendapat bantuan dari perusahaan asal Republik Rakyat Tiongkok, nampaknya pemerintah Indonesia masih tetap mencari modal bisnis lainnya. Pasalnya, pembangunan jaringan listrik kabel bawah laut ini akan menguras dana yang tidak sedikit.

Terlepas dari semua itu, pembangunan jaringan listrik kabel bawah laut lebih efisien ketimbang pembangunan pembangkit listrik yang jauh dari sumber bahan bakar. "Misalnya pengembangan pembangkit listrik di Jawa Tengah, 'supply' batu bara dari Kalimantan. Mestinya pembangkit berlokasi di Kalimantan, agar sumber bahan bakar lebih dekat," kata dia.

Lokasi pembangunan pembangkit listrik itu penting. Bila pembangkit listrik dibangun di lokasi yang berdekatan dengan sumber bahan bakar, maka pembangkit tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya angkut transportasi bahan bakar yang bisa menambah biaya produksi. Meski begitu, pembangunan listrik kabel bawah laut tidak semudah yang dibayangkan, sebab harus memastikan apakah kabel bawah laut mengganggu transportasi pelayaran atau tidak.

(brl/red)