Menkominfo bakal bangun infrastruktur jaringan untuk BUMD

Menkominfo bakal bangun infrastruktur jaringan untuk BUMD

Techno.id - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara akan menjadikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai perusahaan infrastruktur jaringan telekomunikasi. Hal ini dilakukan karena banyak operator yang mengalami masalah dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi seperti membuat menara, menarik kabel bawah jalan, dan menggali jalan untuk kabel.

"Sudah minta izin, gak dikasih-kasih, lama izinnya. Padahal, ini perlu cepat untuk pelayanan masyarakat," ucapnya kepada wartawan dalam konferensi pers bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Gedung Balai Kota Bogor, Jakarta Barat, seperti yang dikutip dari AntaraNews (16/6/15).

Dengan menjadikan BUMD sebagai perusahaan infrastruktur jaringan, maka operator tak harus pusing mengurusi izin, karena BUMD diharapkan sudah mengantongi izin dari Pemerintah Kota.

"Dalam satu bulan asal semua sudah selesai administrasinya, pendukung-pendukungnya, dan yang penting 'sign off' dari operator akan saya berikan izinnya," tukasnya.

Rudiantara berharap pelayanan terhadap telekomunikasi menjadi lebih baik dan cepat. Rencananya, pada November nanti, layanan telekomunikasi baru seperti jaringan 4G 1.800MHz dapat dinikmati di Indonesia.

(brl/red)