CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 13 April 2016 06:00

Ternyata ini rahasia di balik kekuatan Silicon Valley

"Silicon Valley sukses karena didukung oleh 10 universitas top."

Ternyata ini rahasia di balik kekuatan Silicon Valley

Techno.id - Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia begitu berambisi menggarap industri digital. Ambisi ini berkiblat pada keberadaan dan perkembangan Silicon Valley, sebuah kawasan di selatan California, Amerika Serikat, yang menjadi markas perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Mimpi ini ternyata didukung oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake. Robert mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya bisa mengembangkan ekonomi digital layaknya Silicon Valley, asalkan ada sinergi yang apik dari pelaku akademik, swasta, dan pemerintah (triple helix).

Saat memberikan kuliah umum 'Trade and the Developing Digital Economy in Indonesia' di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ia menyatakan Silicon Valley punya backing yang hebat, terutama dari perguruan tinggi. Maka dari itu, kampus harus menciptakan iklim budaya riset dan inovasi, sehingga bisa melahirkan teknologi yang menarik pihak swasta dan layak dipakai masyarakat luas.

"Silicon Valley sukses karena didukung oleh 10 universitas top," terangnya, seperti dikutip dari Antara (11/04/16).

Di sisi lain, ia juga mengharap peran pemerintah untuk memberi dukungan, mulai dari meningkatkan kecepatan akses internet, menyediakan modal untuk pelaku startup, hingga memberlakukan regulasi yang tepat.

"Pemerintah perlu mendukung lahirnya inovasi lewat berbagai peraturan dan kebijakan," imbuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?