CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 6 Desember 2015 21:00

Teknologi ini yang membedakan mobil tanpa awak Google dan Tesla

Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun teknologi ini membuat kedua mobil sangat berbeda.

Teknologi ini yang membedakan mobil tanpa awak Google dan Tesla

Techno.id - Google dan Tesla saat ini adalah dua perusahaan yang berlomba untuk menghadirkan mobil tanpa awak untuk masyarakat dunia. Walaupun memiliki teknologi dan fungsi yang hampir sama, namun ada yang membedakan kedua mobil tersebut.

Teknologi yang paling membedakan kedua mobil tanpa awak tersebut adalah sensor penginderaan yang bertindak sebagai 'mata' kendaraan. Seperti pengendara manusia, dikatakan jika mobil tanpa awak ini harus mampu melihat lingkungan mereka sehingga dapat berjalan dengan aman.

Mobil Google menggunakan LIDAR (Light-sensing Radar) yang merupakan sensor penginderaan jarak jauh menggunakan laser untuk memetakan lingkungan. Sedangkan Tesla sendiri menggunakan kamera berteknologi tinggi dan 12 sensor ultrasonik jarak jauh yang mendukung kamera 360 derajat.

Kendati demikian, LIDAR milik Google dinilai adalah sensor terbaik untuk saat ini, walaupun memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan teknologi milik Tesla. CEO Tesla, Elon Musk, menanggapi penggunaan teknologi LIDAR untuk sebuah mobil adalah hal yang berlebihan.

Di sisi lainnya, pihak Tesla mengatakan akan menambah sensor baru untuk mobil mereka untuk kendaraan yang nantinya berjalan otonom sepenuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?