Tak kalah, Microsoft juga punya proyek internet gratis untuk dunia

Tak kalah, Microsoft juga punya proyek internet gratis untuk dunia

Techno.id - Tahukah Anda, ternyata Microsoft mempunyai proyek internet gratis untuk dunia seperti yang juga dijalankan oleh Google melalui Project Loon dan Facebook melalui Internet.org? Kabarnya untuk mewujudkan proyeknya tersebut, Microsoft rela menggelontorkan dana sebesar USD 75.000 atau setara Rp1,02 miliar untuk organisasi non-profit yang memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan akses internet di seluruh dunia.

Seperti dilansir oleh BusinessInsider (22/12/15), Paul Garnett orang yang bertanggung jawab untuk divisi Affordable Access Initiative Microsoft menuliskan dalam blognya bahwa perusahaan di bawah kepemimpinan Satya Nadella ini telah memilih Mid-Atlantic Brodband Communities untuk menjalankan program akses internet untuk dunianya tersebut. Perusahaan telekomunikasi asal Amerika itu dilaporkan akan bertanggungjawab membangun jaringan serat optik untuk memberikan akses internet yang lebih cepat di negeri Paman Sam.

Tak hanya itu, untuk mendukung akses internet untuk seluruh dunia, kini Microsoft dilaporkan sedang mengembangkan teknologi yang dapat membuat jaringan televisi menjadi media untuk mengantar sinyal WiFi jarak jauh. Bahkan, Microsoft saat ini juga sedang bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi asal Kenya untuk memperluas jangkauan internet bagi masyarakat pedesaan di salah satu negara di benua Afrika tersebut.

Sekadar informasi, saat ini penggunaaninternet di dunia masih sangat terbatas. Tercatat baru 46 persen atausekitar 3 miliar orang di dunia yang bisa mengakses internet dan itu pun di dominasi penggunadi wilayah Eropa dan Amerika Utara. Di tempat-tempat seperti Afrika, hanya 28 persen dari populasi yang memiliki akses terhadap internet.

Untuk itu, melalui program ini Microsoft berharap semoga akses internet tak hanya bisa dinikmati oleh pengguna di negara-negara maju saja tapi juga ke seluruh wilayah bahkan wilayah yang termiskin sekalipun.

(brl/red)