Facebook segera luncurkan satelit internet.org untuk Afrika

Facebook segera luncurkan satelit internet.org untuk Afrika

Techno.id - Meski sempat dituding berniat memonopoli internet, sejauh ini Facebook tetap bersikeras untuk merealisasikan program internet.org miliknya. Pasalnya, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu baru saja dilaporkan akan menerbangkan satelit internet untuk membawa jaringan ke wilayah Sub-Saharan Afrika.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (05/10), laporan ini mulai mencuat saat Facebook baru saja mengumumkan kerja sama dengan operator satelit asal Perancis, Eutelsat. Dalam laporannya, Facebook bahkan mengklaim telah mengantongi izin dari Spacecom, yakni perusahaan berwenang untuk komunikasi satelit.

Jika sesuai rencana, satelit yang dinamakan AMOS-6 ini diharapkan dapat mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2016 mendatang. Sayangnya, Facebook masih belum membeberkan tanggal peluncuran satelit secara merinci. Kendati demikian, pihaknya berjanji jika peluncuran satelit akan dilakukan dalam waktu dekat.

Di wilayah Afrika sendiri, Facebook sejatinya sudah meluncurkan program internet.org sekitar dua tahun yang lalu. Seiring perjalanannya, program internet.org saat ini sudah berjalan di 20 negara yang berasal dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

(brl/red)