CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 29 November 2015 06:00

Software ternyata lebih baik mengenali emosi dibanding manusia

Software bisa lebih cepat dan akurat dibandingkan cara kerja manusia.

Software ternyata lebih baik mengenali emosi dibanding manusia

Techno.id - Sebuah software kini dikatakan lebih baik mengenali emosi dibandingkan dengan manusia, seperti yang dilansir oleh Techradar.com, mengatakan jika ahli psikologi yang berkolaborasi dengan ilmuwan komputer University of Rochester di New York, telah membuat sebuah software tersebut.

Untuk mengenali emosi, software ini mengenali dari suara yang dihasilkan oleh manusia. Software ini menilai emosi dari saluran suara, frekuensi, keceriaan, suara kasar, suara datar, dan energi suara tersebut.

Saat dilakukan uji coba, software ini dikatakan bekerja dengan cepat tanpa perlu merekam suara kemudian ia bisa menentukan emosi manusia melalui suara tersebut. Namun bagaimana keakuratannya?

Saat mengenali 700 sampel audio, software memberikan emosi yang yang akurat hingga 72 persen. Dibandingkan dengan sekelompok orang dengan jumlah 138 orang yang hanya menghasilkan keakuratan 60 persen dari 700 contoh suara tadi.

Sementara itu, tim peneliti software ini mengatakan akan menggunakannya untuk merekam interaksi antara orang tua dan anak. Nantinya, melalui software ini para peneliti berharap mengetahui bagaimana emosi bisa mempengaruhi perkembangan anak.

WHAT TO READ NEXT ?