CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 19 Desember 2015 08:00

"Smartwatch sekarang tak akan mirip dengan smartwatch masa depan"

Wearable gadget generasi kedua atau ketiga yang akan masuk ke pasaran kemungkinan besar sudah dibekali dengan peningkatan hardware dan software.

Techno.id - Mengamati pasar wearable gadget tiap tahun makin menarik karena trennya terus menanjak. Tak ayal, angka perkiraan penjualan wearable yang tahun ini diperkirakan mencapai 72 juta unit diprediksi tumbuh lagi hingga 111 juta unit pada 2016 oleh IDC. Lembaga analis pasar itu bahkan meramalkan di tahun 2019, wearable gadget yang dilepas ke konsumen seluruh dunia sebanyak 215 juta unit.

IDC sendiri berani melempar angka perkiraan fantastis itu karena mereka percaya wearable gadget di masa depan bakal banyak berubah. Dibanding generasi wearable sekarang, generasi kedua atau ketiga yang akan masuk ke pasaran kemungkinan besar sudah dibekali dengan peningkatan hardware dan software berdasarkan perkembangan kebutuhan konsumen saat ini.

"Smartwatch sekarang tak akan mirip dengan smartwatch masa depan. Konektivitas seluler, sensor kesehatan, belum lagi aplikasi pihak ketiga yang kian menjamur akan mengubah sektor ini dan menaikkan daya tarik maupun value dari pasar ke depannya," terang Ramon Llamas, Research Manager IDC, dikutip dari rilis pers mereka (17/11/15).

Evolusi wearable gadget dimulai dari lahirnya produk standar semacam fitness tracker. Kini, smartwatch mulai banyak diproduksi dan akan memimpin evolusi wearable. Dalam beberapa waktu ke depan, analis IDC juga memprediksi pakaian pintar hingga hearable (perangkat yang dikenakan di telinga) akan segera diadopsi secara massal dan luas.

WHAT TO READ NEXT ?