Silicon Valley tengah rancang format video baru

Silicon Valley tengah rancang format video baru

Techno.id - Secara umum, mp4 saat ini sudah dianggap sebagai salah satu format video terbaik yang pernah ada. Pasalnya, mp4 mampu menawarkan kualitas gambar dan suara jernih di dalam ukuran file video yang ramping.

Kendati demikian, kemajuan format video mp4 tak cukup memuaskan para pemimpin industri teknologi Silicon Valley begitu saja. Faktanya, proyek kemitraan Alliance for Open Media kini telah bertambah satu dari Google.

Mitra Alliance for Open Media sendiri saat ini tengah berfokus di bidang pengembangan format video. Pada awalnya, proyek ini memiliki lima anggota yang terdiri atas Amazon, Cisco, Intel, Microsoft, Netflix, dan Mozilla.

Lalu, apa alasan Silicon Valley masih ingin mengembangkan format video baru lagi? Jawabannya, format video populer yang beredar saat ini masih tidak dirancang untuk web browser di perangkat desktop dan mobile.

Pada intinya, standar generasi format video berikutnya akan dibuat dengan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi. Termasuk di antaranya seperti peningkatan kompatibilitas untuk berbagai jenis web browser.

Soal fleksibilitas, Alliance for Open Media pun telah menyiapkan lima hal yang akan diusung oleh format video generasi baru. Kelima hal tersebut yakni interoperable, web optimized, scalable device and bandwidth, low computational, dan flexible.

Artinya, format video generasi baru akan dapat diputar di banyak perangkat, tampil sempurna di halaman web, terjangkau di bandwidth data yang kecil, serta fleksibel untuk tipe komersil dan non-komersil termasuk used-generated content.

"Harapan pelanggan untuk pengiriman media (video) terus tumbuh. Alliance for Open Media menyatukan para ahli terkemuka untuk bekerja sama menciptakan solusi gratis, bebas royalti, dan dapat dioperasikan di mana saja," ujar Gabe Frost, Direktur Eksekutif Alliance for Open Media seperti dikutip dari Android Authority (02/09).

(brl/red)