Seorang ilmuwan kenalkan obat kanker dengan nge-rap

Seorang ilmuwan kenalkan obat kanker dengan nge-rap

Techno.id - Memublikasikan sebuah penelitian melalui jurnal ilmiah adalah hal yang lazim dilakukan oleh seluruh peneliti di dunia. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Nat Harris, seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran dan kesehatan University of Wollongong, yang memperkenalkan hasil temuannya tentang obat kanker dengan cara nge-rap.

Dilaporkan CNET (15/3/15), Harris dan tim peneliti lainnya membuat video berdurasi 3 menit 4 detik itu untuk diikutsertakan pada Thinkable Innovation Award. Tim ini berharap mereka dapat memenangkan hadiah sebesar Rp 66 juta, yang nantinya akan digunakan untuk mendanai penelitian ini lebih lanjut.

Seorang ilmuwan kenalkan obat kanker dengan nge-rap

Dalam video tersebut, Harris melakukan aksi rapping untuk menjelaskan fungsi dan khasiat hasil uji cobanya pada obat yang ditujukan bagi penderita kanker payudara dan kanker pankreas. Dalam aksinya tersebut, Harris menjelaskan bahwa obat ini bekerja dengan mengikat reseptor (molekul protein yang menerima sinyal kimia dari luar sel) yang ditemukan dalam sel-sel kanker, tetapi tidak dalam sel-sel sehat.

"Obat yang kami kembangkan dapat digunakan sebagai terapi pengobatan setelah operasi untuk kanker atau sebagai pilihan alternatif bagi pasien yang tidak toleran terhadap kemoterapi atau terapi radiasi. Hal ini juga membuka pintu untuk pendekatan yang lebih personal dalam pengobatan kanker", jelas Harris dalam video berjudul Understanding skin cancer migration using 3D invasion systems.

Nantinya, obat yang diujicobakan melalui modelling 3D ini, diharapkan bisa juga digunakan untuk mengobati kanker ovarium, kanker prostat, kanker kepala dan leher, kanker esofagus, dan sel-sel kanker kulit. Jika Anda penasaran dengan video unik ini, silakan kunjungi website www.thinkable.org/submission/2081 dan jadilah saksi betapa kreatif ilmuwan-ilmuwan ini dalam memperkenalkan hasil temuannya.

(brl/red)