Samsung keluar dari bisnis smartphone dalam 5 tahun. Benarkah?

Samsung keluar dari bisnis smartphone dalam 5 tahun. Benarkah?

Techno.id - Samsung sebagai perusahaan raksasa teknologi adalah pemain vital dalam bisnis di industri smartphone dunia. Hal ini terlihat dengan beberapa produksinya yang mendominasi pasar dunia khususnya di Android.

Namun, seorang analisis industri, Ben Bajarin mengatakan jika Samsung akan keluar dari bisnis smartphone dunia dalam 5 tahun mendatang. Benarkah?

Bajarin berpendapat jika perusahaan asal Korea Selatan tersebut sedang mengalami dilema inovasi. Hal inilah yang menjadi alasan kuatnya dalam memprediksi Samsung akan keluar dari bisnis smartphone dalam 5 tahun mendatang.

Dilema inovasi dikatakannya adalah situasi yang mengacu di mana inovator awal ditantang dengan pesaing baru yang menawarkan banyak produk yang cukup baik dengan harga yang terjangkau. Sehingga, ketika pasar mulai menerima produk tersebut, inovator awal dianggap gagal untuk memberikan harga yang tinggi untuk produk mereka.

"Sama sekali tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk memperbaiki penurunan perangkat premium mereka. Tidak ada jumlah inovasi yang akan menyelamatkan mereka karena pola pikir 'cukup baik' telah tertanam dalam pasar Android," tulis Bajarin seperti yang dikutip dari Sammobile.com.

Bajarin, di dalam tulisannya, mencontohkan Nokia dan beberapa merk populer seperti Blackberry telah mengalami hal yang sama. Namun, ia mengatakan Samsung akan bertahan karena banyak bisnis lain yang dijalankannya.

Padahal, jika dilihat dari statistik penjualannya, Samsung memiliki peningkatan penjualan smartphone selama 7 kuartal berturut-turut. Nah, bagaimana pendapat Anda tentang prediksi dari Ben Bajarin?

(brl/red)