CONNECT WITH US
Erick |
 7 Agustus 2015 12:00

Rem otomatis dari Toyota ini bisa hindarkan Anda dari kecelakaan

Rem otomatis dari Toyota ini akan mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Rem otomatis dari Toyota ini bisa hindarkan Anda dari kecelakaan

Techno.id - Dengan semakin padatnya lalu lintas jalan raya, kemungkinan kecelakaan yang terjadi akan semakin banyak. Pengemudi dituntut untuk berkonsentrasi lebih agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan saat berkendara.

Menyikapi perilaku pengemudi dan kondisi jalan belakangan ini, Toyota telah merilis teknologi terbarunya demi meningkatkan keselamatan saat mengendarai mobil. Bernama Toyota Safety Sense, teknologi ini punya fitur automatic emergency braking bagi pengemudi tak mampu menghentikan kendaraan di saat darurat.

Seperti yang dilansir oleh Auto Express pada hari Rabu (05/08/15), sensor baru keluaran Toyota ini baru tersedia untuk Toyota Aygo city car dan Toyota Yaris. Sebelumnya, teknologi ini telah diterapkan pada Toyota Avensis dan Auris pada awal musim panas lalu.

Tentu saja dengan adanya piranti Pre-Collision System (PCS) ini, angka kecelakaan mampu diminimalir. Sensor ini akan mendeteksi dan memberikan peringatan pada pengemudi sebelum benturan terjadi. Jika sang penegmudi tanggap dan segera menginjak pedal rem, maka Pre Crash Brake Assist akan membantu dengan memberikan tambahan tenaga pengereman.

Namun jika tidak, maka giliran Autonomous Emergency Braking lah yang bekerja. Alat ini akan melambatkan mobil Anda secara otomatis hingga kecepatan 30 km/h untuk mengurangi tekanan saat terjadi benturan, atau menghindarinya jika masih bisa.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah sensor ini sudah masuk ke Indonesia? Atau apakah sensor ini bisa membantu mengurangi angka kecelakaan, atau malah akan mengubah perilaku mengemudi di jalan raya?

 

WHAT TO READ NEXT ?