Ramadan bawa berkah bagi pelaku bisnis online

Ramadan bawa berkah bagi pelaku bisnis online

Techno.id - Transaksi secara online belakangan ini mulai ngetren di tengah pengguna internet Indonesia. Tingginya angka pertumbuhan pengguna internet yang berlangsung di Tanah Air diharapkan bakalan mendongkrak jumlah pelanggan belanja online.

Edukasi terhadap masyarakat tentang kemudahan yang disajikan melalui belanja online jadi salah satu cara yang dilakukan para pelaku e-commerce terhadap masyarakat. Gelaran kampanye Lebaran Belanja Online 2015 merupakan cara ampuh yang diharapkan pelaku e-commerce bisa mengedukasi masyarakat.

"Saat ini kita perlu melihat kalau bertransaksi atau berbelanja sudah berbeda behaviour-nya. Dengan adanya kampanye ini, saya mendukung karena kita perlu mengedukasi para e-commerce dan user bahwa bertransaksi di online itu aman dan nyaman," ungkap Edwin Kartawinata selaku General Manager of Marketing & Business Alliance PT Kreatif Media Karya online.

Kampanye yang sengaja digelar saat Ramadan dan Lebaran diklaim akan menjaring semakin banyak pengguna internet yang biasa berbelanja online. Kebiasaan masyarakat yang berbelanja menjelang lebaran dimanfaatkan setidaknya 40 e-commerce yang bergabung lewat ajang Lebaran Belanja Online.

Hal itu diakui Yusi H. Obon yang menjabat Head of Communication Bukalapak.com. Ia menyebutkan tren belanja online di Indonesia saat lebaran meningkat dan baru berangsur turun saat memasuki Idul Fitri.

"Saat ini masyarakat Indonesia mulai menunjukkan ketertarikan untuk mencari barang-barang di dunia maya. Dukungan dari banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan beberapa e-commerce tentunya jadi salah satu faktor penyebab peningkatan di bulan Ramadan," jelas Yusi.

Lebih lanjut, Yusi mengakui mulai bulan Ramadan jumlah kunjungan yang dilakukan pengguna Bukalapak telah terlihat mengalami peningkatan. Ia mengklaim jumlah kunjungan harian di Bukalapak telah meningkat hingga 500 ribu kunjungan.

"Secara nilai transaksi sudah meningkat hingga tiga kali lipat di bulan Ramadan daripada hari biasa. Kita harapkan ini akan terus berlangsung sampai habis Ramadan dan Lebaran nanti, tandas Yusi kepada Techno.id.

(brl/red)