Profesional TI di India mumpuni karena digembleng di Silicon Valley

Profesional TI di India mumpuni karena digembleng di Silicon Valley

Techno.id - Rasanya tak adil jika dunia menutup mata terhadap lahirnya eksekutif asal India yang menduduki posisi vital di industri TI. Jika di Amerika Serikat ada nama-nama seperti Satya Nadella (CEO Microsoft) dan Sundar Pichai (CEO Google), di Indonesia juga ada Rajesh Thadani (President Director PT Lenovo Indonesia) dan beberapa petinggi lainnya.

Nah, dari secuil contoh di atas, patut kalau muncul pertanyaan bagaimana India bisa menghasilkan profesional di bidang TI yang mumpuni, bahkan sampai bisa mendapat tugas ke Indonesia?

Menurut Budi Soetjipto, para eksekutif yang memimpin bisnis teknologi informasi di Indonesia rata-rata adalah diaspora yang pernah merantau hingga Negeri Paman Sam. Pengamat SDM dari Universitas Indonesia itu berpendapat kalau mereka ini orang yang layak, karena Amerika Serikat adalah wadah yang tepat untuk menggembleng profesional TI.

"Di Amerika Serikat sana kan ada Silicon Valley, di mana pusat peradaban teknologi dibangun, sehingga banyak orang India yang belajar dan bekerja di sana," tuturnya pada Merdeka.com (03/10/15). Pengalaman inilah yang membuat para petinggi perusahaan TI itu lebih cakap dalam berkecimpung di bisnis ini.

Di samping itu, Dino Martin, CEO Karir.com, menilai bahwa profesional dari India mempunyai tiga keunggulan utama dibandingkan ekspatriat dari negara lain, termasuk dari orang Indonesia sendiri, yakni menguasai bahasa Inggris, skill negosiasi yang baik, dan gaji yang cukup kompetitif. Menurutnya, ketiga faktor itu sangat berpengaruh terhadap karir mereka, selain memiliki semangat untuk bekerja keras, ketekunan, dan kemauan untuk belajar, tentunya.

(brl/red)