Perusahaan sekelas Hewlett-Packard dituding memplagiat logo, waduh!

Perusahaan sekelas Hewlett-Packard dituding memplagiat logo, waduh!

Techno.id - Dalam beberapa waktu ke depan, mungkin Hewlett-Packard bakal menemui masalah pelik. Pasalnya, salah satu pecahan perusahaan yang sudah berdiri sejak 1939 itu, yakni Hewlett-Packard Enterprise (HPE), dituding meniru logo milik Naver. Naver sendiri dikenal sebagai search engine terkemuka dari Negeri Ginseng milik Naver Corp.

HPE telah mengusung simbol persegi panjang berwarna hijau tosca yang disematkan di atas tulisan 'Hewlett-Packard Enterprise'. Sementara logo Naver memiliki kotak persegi panjang juga dengan warna yang lebih cerah plus kursor di dalamnya.

"HP sudah lama beroperasi di Korea. Pegawai setempat mereka harusnya menyadari keberadaan Naver dan logo khasnya," keluh seorang official Naver yang identitasnya dirahasiakan pada KoreaHerald.com (25/11/15).

Untuk urusan ini, pihak Naver bukan tidak mungkin akan menempuh jalur hukum dan memperkaran HPE sebagai peniru logonya.

Sementara itu, dikutip dari sumber yang sama, juru bicara HP Korea mengatakan bahwa perkara ini seharusnya tak perlu dipermasalahkan. Alasannya, HPE menggunakan karakter ini untuk pasar global, bukan cuma Korea. Selain itu, karakteristik bisnis yang digarap HPE dan Naver juga berbeda, sehingga tidak terlalu membingungkan konsumen.

(brl/red)