Pertama di Indonesia, Palangka Raya bikin Tim Inovasi Daerah

Pertama di Indonesia, Palangka Raya bikin Tim Inovasi Daerah

Techno.id - Komitmen pemerintah Kota Palangka Raya untuk mendukung pembangunan darahnya layak diapresiasi. Sebab, sebentar lagi mereka akan memiliki Tim Inovasi Daerah dan Dewan Riset Daerah.

"Guna menunjang pembangunan di berbagai bidang, kami telah membentuk Tim Inovasi Daerahserta Dewan Riset Daerah. Keduanya tinggal menunggu penandatanganan surat oleh Wali Kota. Jika sudah, tinggal pelantikan," ujar Kaspinor, Kepala Balitbang Kota, pada Antara (04/07/15).

Dasarnya, kedua bidang itu memiliki perbedaan. Kaspinor menambahkan, "Tim Inovasi nanti lebih luas cakupannya karena mencakup pengembangan teknologi pada seluruh bidang, mulai pertanian, pariwisata hingga pendidikan. Sementara untuk Dewan Riset lebih fokus pada hal yang berkaitan dengan penelitian dan data."

Nantinya, sejumlah pihak akan dilibatkan dalam tim ini. Untuk Tim Inovasi, misalnya, kemungkinan besar bakal diisi oleh Badan Pusat Statistik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), juga perguruan tinggi. Sedangkan pos-pos di Dewan Riset terdiri dari para ahli-ahli dari perguruan tinggi serta instansi pemerintah.

Tim pertama yang dibentuk di Indonesia ini memang belum mempunyai sarana penunjang, seperti laboratorium. Namun ke depannya, fasilitas itu segera dipenuhi.

(brl/red)