Penjualan smartphone Samsung menurun dibanding tahun lalu

Penjualan smartphone Samsung menurun dibanding tahun lalu

Techno.id - Di kuartal kedua 2015 ini, Samsung memang masih memuncaki klasemen vendor smartphone teratas. Dari data yang dihimpun oleh International Data Corporation (IDC) (23/07/15), produsen asal Korea Selatan itu sanggup menjual 73,2 juta unit ponsel pintar dalam tiga bulan terakhir dan menguasai 21,7 persen market share.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014, tren penjualan Samsung kini telah menurun sekitar 2,3 persen. Saat itu, Samsung padahal mampu menjual 74,9 juta unit dan menggenggam 24,8 persen pangsa pasar.

Di sisi lain, produsen lain menguntit Samsung dan menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik. Tengok saja Apple. Penjualan smartphone buatan raksasa Cupertino itu meningkat 34,9 persen dari tahun lalu. Di kuartal kedua 2015 ini, mereka sukses melego 47,5 juta unit.

Huawei dan Xiaomi, yang berada di peringkat tiga dan empat, pun sama-sama memiliki tren penjualan yang menanjak. Di antara empat nama teratas ini, peningkatan penjualan smartphone Huawei-lah yang paling signifikan. Perbandingan penjualan dari tahun-ke-tahun mereka pun melonjak hingga 48,1 persen.

Menurut IDC, sepanjang April hingga Juni 2015 ini, ada 337,2 juta unit smartphone di seluruh dunia yang laku. Angka tersebut telah meningkat 11,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2014. Saat itu, hanya ada 302,1 juta unit smartphone yang terjual.

Detail lengkapnya, tersedia di tabel buatan IDC berikut ini:

Penjualan smartphone Samsung menurun dibanding tahun lalu
Statistik penjualan smartphone kuartal kedua 2015 2015 IDC

Akankah Samsung bakal tergusur suatu hari nanti dari posisi puncaknya? Siapa menurut Anda yang paling potensial untuk menggeser Samsung? Silakan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

(brl/red)