Pemerintah perlu buat aturan untuk kembangkan aplikasi lokal

Pemerintah perlu buat aturan untuk kembangkan aplikasi lokal

Techno.id - Tahukah Anda, jika warga Indonesia juga mampu menghasilkan aplikasi yang kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata? Namun sayangnya, pemerintah masih belum serius dalam mengembangkan aplikasi atau konten lokal.

Oleh karena itu Ilham Habibie, Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional (DeTIKnas) berpendapat, sudah seharusnya aplikasi lokal semakin dikembangkan oleh pemerintah dengan memberikan contoh implementasi terlebih dahulu.

"Aplikasi lokal harus dijadikan contoh bagi pemerintah dulu. Dan sebetulnya aplikasi lokal bisa berpotensi menggantikan aplikasi seperti Microsoft Word, dan lain sebagainya. Itu kan ada di tangan kita," ungkap Ilham seperti dikutip dari Merdeka (25/5/15).

Menurut Ilham, banyak aplikasi lokal yang patut untuk diperhitungkan. Bahkan, ia berpendapat sudah saatnya pemerintah membuat aturan khusus untuk mengembangkan dan mempercepat penggunaan aplikasi lokal.

Lebih lanjut, Ilham mengatakan bahwa peraturan yang cocok untuk mempercepat penggunaan aplikasi lokal yakni Peraturan Presiden atau Perpres. "Saya kira dengan menggunakan itu (Perpres). Saya bukan ahli pemerintah," tutupnya.

(brl/red)