Nintendo patenkan game konsol tanpa kepingan optical disk

Nintendo patenkan game konsol tanpa kepingan optical disk

Techno.id - Belum lama ini, Nintendo mengatakan tentang masa depan dari NX Console. Selain tak akan melibatkan sistem operasi Android, Nintendo juga mengumumkan bahwa ke depannya perangkat NX tak akan menggunakan kepingan optical disk lagi. Pembaruan ini telah dipatenkan untuk menunjukkan kepada publik bahwa Nintendo serius akan meninggalkan optical disk.

Nantinya, Nintendo hanya akan memakai hard drive dan kartu eksternal untuk media penyimpanan game. Ini merupakan sistem Nintendo berbasis TV pertama yang diluncurkan tanpa menggunakan optical disk sejak Nintendo 64, dua dekade lalu. Perusahaan melakukan hal tersebut karena mereka merasa optical disk sudah terlalu usang, seperti yang dilansir oleh Engadget (22/8/15).

Nintendo juga menambahkan, "jika pemain bisa mengunduh game, mengapa kita masih menggunakan teknologi pembaca disk. Apakah tidak lebih baik bila kita meningkatkan teknologi dengan menambahkan Blue-ray atau teknologi lainnya."

Nintendo akan mengawali perubahan besar ini pada perangkat yang diluncurkan berikutnya. Meski banyak perusahaan game konsol besar yang tetap setia dengan disk drive, mereka mengaku akan mencoba jalan yang lain untuk kemudahan para penggunanya. Pasalnya, jika menggunakan media optical disk maka pengguna akan kesulitan untuk memperbarui permainan dan menambah biaya sistem.

(brl/red)