Net profit turun 51 persen, CEO Lenovo akan rumahkan 3.200 pegawainya

Net profit turun 51 persen, CEO Lenovo akan rumahkan 3.200 pegawainya

Techno.id - Lenovo pada Kamis (13/08/15) waktu setempat merilis laporan keuangannya dalam tiga bulan terakhir. Dalam periode yang berakhir pada 30 Juni 2015 itu, Lenovo mampu mengeruk keuntungan sebesar Rp148 triliun atau meningkat tiga persen dibanding tahun lalu.

Sayangnya, laba bersih perusahaan asal Tiongkok itu merosot 51 persen dari tahun lalu, yakni menjadi Rp1,5 triliun saja. Tak ayal, kondisi ini pun memaksa sang CEO, Yuanqing Yang, untuk melakukan sejumlah strategi penyelematan.

Dalam surat terbukanya yang diunggah di laman rilis pers Lenovo, salah satu langkah yang bakal diambil oleh Yang ialah merumahkan 3.200 pegawainya secara global. Jumlah tersebut setara dengan 5 persen dari total pegawai. Dengan ini, mereka memprediksi akan mampu berhemat sekitar Rp9 triliun untuk enam bulan sisa tahun ini.

Adapun strategi lain yang telah diagendakan oleh Yang, seperti menaikkan penjualan produk PC, yang notabene menjadi tumpuan utama Lenovo, menjadi 30 persen serta menyelaraskan pengembangan, produksi, dan manufaktur smartphone lebih baik.

Menurunnya net profit Lenovo ini sebenarnya disebabkan oleh banyak hal. Menurut pengakuan mereka, lesunya penjualan PC dan tablet secara global membuat mereka tak bisa menepis fakta ini. Lenovo juga mengeluhkan pertambahan kompetitor dari sektor smartphone, terutama di negerinya sendiri.

(brl/red)