CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 1 April 2016 07:00

NASA gandeng Microsoft hadirkan pengalaman jelajahi Mars

Pertengahan tahun nanti masyarakat bisa merasakan pengalaman virtual menjelajahi Mars dengan bantuan teknologi Hololens dari Microsoft.

NASA gandeng Microsoft hadirkan pengalaman jelajahi Mars

Techno.id - Badan antariksa Amerika alias NASA baru-baru ini diketahui telah bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan wahana penjelajahan ke planet Mars. Wahana bernama "Destination: Mars" ini diketahui memanfaatkan teknologi headset virtual reality milik Microsoft, Hololens, yang membantu para ilmuwan di NASA merencanakan kegiatan penjelajahan dan pengamatan dari Rover Curiosity selama di Mars.

Wahana yang akan dihadirkan pada pameran terbuka di kompleks NASA Kennedy Space Center di Florida sekitar bulan Juni ini dilaporkan akan membawa pengunjung pameran ke beberapa situs di Mars. Pengunjung bakal dibimbing langsung oleh pemandu hologram yang akan menjelaskan mengenai situs-situs di Mars yakni Aldrin, astronot Apollo 11 yang telah berjalan di Bulan pada tahun 1969 lalu dan Erisa Hines sopir Rover dari JPL (Jet Propulsion Laboratory).

Sebagaimana dilansir oleh NDTV (31/3/16), gambaran planet Mars yang dihadirkan nantinya itu diklaim akan terlihat amat nyata. Pasalnya, Microsoft dan NASA bakal menggunakan citra atau gambar nyata mengenai planet Mars yang diambil langsung oleh Rover Curiosity sejak Agustus 2012.

"Pengalaman ini memungkinkan masyarakat bisa menjelajahi Mars dengan cara yang sama sekali baru. Masyarakat bakal bisa merasakan sensasi berjalan di dataran yang sama didatangi oleh Curiosity di Mars," tutur Doug Ellison, produser visual di JPL.

Sekadar informasi, wahana "Destination: Mars" sebenarnya merupakan adaptasi dari onsight. Onsight sendiri merupakan alat operasional untuk misi Rover yang dikembangkan bersama oleh Microsoft dan juga JPL.

 

WHAT TO READ NEXT ?