CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 8 Maret 2016 13:00

Mozilla mulai serius rambah industri IoT, ini buktinya!

Komunitas softwre open-source itu telah merilis sejumlah proyek IoT baru-baru ini.

Mozilla mulai serius rambah industri IoT, ini buktinya!

Techno.id - Mozilla dilaporkan bakal segera merambah industri Internet of Things. Untuk mendukung ambisinya itu, komunitas software open-source tersebut telah mengumumkan beberapa proyek IoT yang didukung oleh OS Firefox seperti Project Link, Project Sensor Web, Project Smart Home, dan voice assistant Project Vaani.

Dilansir oleh NDTV (7/3/16), Project Link sendiri diketahui merupakan sebuah proyek IoT yang memungkinkan perangkat atau gadget di rumah Anda saling terhubung sehingga memudahkan pengguna mengontrol perangkat di rumah dari mana saja dan kapan saja. Disebutkan, jika Project Link akan bekerja bersama dengan Project Sensor Web untuk membuat data yang diperlukan perangkat untuk saling terhubung terbuka dan memudahkan perangkat memahami rincian kebiasaan lingkungan hidup penggunanya.

Lalu ada Project Smart Home milik Mozilla yang ditujukan untuk memberikan jalan tengah antara kerangka yang memfasilitasi komunikasi dengan perangkat yang terhubung dan solusi DIV seperti Raspberry Pi. "Dengan Project Smart Home pengguna bakal bisa memecahkan permasalahan sehari-hari yang unik dengan cara yang baru dan kreatif," ujar pihak Mozilla dalam sebuah postingan blog.

Kemudian proyek IoT yang terakhir adalh Project Vaani yang diklaim paling menarik ketimbang proyek IoT Mozilla lainnya. Proyek ini merupakan "IoT Enabler Package" yang memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan teknologi asisten suara untuk perangkat mereka dengan cara yang fleksibel dan dapat disesuaikan.

Perlu Anda ketahui, proyek penelitian Mozilla mengenai IoT ini diketahui telah dikerjakan sejak beberapa waktu sebelumnya. Di akhir tahu lalu saja, Mozilla diketahui telah mengerjakan sejumlah proyek dukungan untuk beberapa perangkat yang mengusung konsep IoT seperti Firefox Pad, keyboard komputer Firefox Pi, Firefox Hub, dan Firefox Stick.

WHAT TO READ NEXT ?