Mesin akan bisa menyamai kecerdasan manusia dalam 5 tahun mendatang

Mesin akan bisa menyamai kecerdasan manusia dalam 5 tahun mendatang

Techno.id - Seorang ahli kecerdasan buatan yang bekerja di Google dan University of Toronto, Geoffrey Hinton, percaya jika kecerdasan buatan akan menyamai kemampuan manusia dalam lima tahun mendatang seperti yang dilansir oleh Tech Insider (21/03/16).

Ia mengatakan jika kecerdasan yang paling kuat saat ini satu juta lebih kecil dari otak manusia. Kecerdasan buatan saat ini hanya memiliki satu miliar sinapsis (hubungan antara neuron di otak) dibandingkan dengan 1000 triliun pada otak manusia.

Namun ia menambahkan jika semakin tahun mesin semakin canggih. Sehingga semakin tahun sinapsis pada kecerdasan buatan akan bisa menyamai sinapsis pada otak manusia.

"Lebih dari lima tahun, saya tidak ingin banyak berkomentar namun dalam lima tahun kita bisa melihat lebih jauh," ujarnya dikutip dari Tech Insider.

Isunya kecerdasan buatan dikhawatirkan dapat mengancam peradaban manusia. Apakah harus takut?

"Setiap teknologi baru jika digunakan oleh orang jahat hal-hal buruk bisa terjadi," jawabnya. "Hal utama yang tidak boleh adalah melumpuhkan teknologi. Harusnya bagaimana kita memperbaiki sistem politik sehingga orang tidak dapat menggunakan teknologi untuk tujuan yang buruk," tutupnya.

(brl/red)