Mahasiswa Politeknik Kediri ciptakan mobil ramah lingkungan

Mahasiswa Politeknik Kediri ciptakan mobil ramah lingkungan

Techno.id - Dilansir dari Antara (14/06/15), Mahasiswa Politeknik Kediri dikabarkan telah membuat mobil dengan bahan bakar energi alternatif, yaitu dengan energi surya serta tenaga listrik. Mobil itu diluncurkan di hadapan Menristek dan sudah diuji coba.

Hasil uji coba kedua mobil berbahan bakar energi alternatif itu dikatakan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini terlihat karena mobil tersebut bisa melaju dengan kencang dan tidak mogok saat uji coba.

Sementara itu, perihal pembuatan mobil ini dilakukan sebagai penilaian kelulusan para mahasiswa tingkat akhir yang menempuh pendidikan di Politeknik Kediri.

Mahasiswa Politeknik Kediri ciptakan mobil ramah lingkungan

Dosen pembimbing sekaligus Ketua Jurusan Teknik Mesin Kampus Politeknik Kediri, Putut Jatmiko Dwi Prasetyo, mengatakan pembuatan mobil ini masih generasi pertama dan di akhir tahun nantinya akan terus dikembangkan.

"Untuk awal, speksifikasi belum tinggi dan di akhir 2015 kami akan kembangkan lagi," ujarnya.

Ia berharap pemerintah memberikan ruang gerak bagi kampus untuk selalu melakukan riset. Ke depannya, diharapkan mobil ramah lingkungan ini bisa diproduksi secara massal.

Di sisi lainnya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menilai jika mobil ramah lingkungan sudah selayaknya dikembangkan. Pasalnya, hal ini akan menjadi salah satu mobil pilihan guna mengurangi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM).

(brl/red)