CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 4 September 2015 21:00

Kepala BPPT: Belum saatnya mobil listrik dijadikan industri!

Unggul Priyanto menegaskan belum saatnya menjadikan mobil listrik sebagai industri di Indonesia.

Kepala BPPT: Belum saatnya mobil listrik dijadikan industri!

Techno.id - Industri mobil listrik dunia saat ini memang sedang menggeliat. Gairah akan industri ini pun dilaporkan juga sedang melanda sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan, kabarnya pemerintah dikabarkan akan membangun industri mobil listrik sendiri.

Menanggapi kabar tersebut Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi alias BPPT, Unggul Priyanto menegaskan belum saatnya menjadikan mobil listrik sebagai industri di Indonesia.

"Jadi begini, mobil listrik kenapa belum waktunya jadikan industri, hal ini karena di negara maju sekali pun mobil listrik belum komersial. Kalau dibikin industri, saya rasa gak yakin bisa laku. Masalahnya kan juga kesulitan pada baterainya dan stasiun pengisian listriknya. Ini yang menjadi kendalanya. Tetapi, kalau riset saya setuju," ujarnya seperti dilansir oleh Merdeka (4/9/15).

Unggul menambahkan, daripada membuat mobil listrik yang teknologinya belum mapan, alangkah baiknya pemerintah saat ini mengembangkan transportasi massal berbasis energi listrik. Kereta api listrik bandara atau Jakarta ke Surabaya misalnya. Menurutnya teknologi kereta listrik saat ini lebih mapan dan sudah terbukti.

"Daripada bikin industri mobil listrik, mending buat kereta api listrik dari Jakarta atau pun Surabaya. Hal ini karena teknologinya sudah ada dan dipakai di dunia," ujar Unggul.

WHAT TO READ NEXT ?