CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 22 Oktober 2015 17:00

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat raih Smart Nation Award 2015

Provinsi Jawa Barat berhasil keluar sebagai pemenang di Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015 untuk kategori provinsi besar.

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat raih Smart Nation Award 2015

Techno.id - Provinsi Jawa Barat berhasil keluar sebagai pemenang di Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015 untuk kategori provinsi besar. Pemerintah provinsi Jawa Barat berhasil mengalahkan nominasi lainnya dalam acara yang diadakan oleh Citi Asia, Inc., tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Banten.

Dudi Sudradjat Abdurachim, Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) provinsi Jawa Barat mengungkapkan bahwa penghargaan ini adalah tanda bahwa Jawa Barat telah siap menghadapi era bantu pemerintahan berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK).

"Kami tentu berharap dengan adanya penghargaan ini, dengan pengukuran indeks ini, tentunya sesuai antara hasil dengan harapan dan keinginan masyarakat tentang kualitas pemerintahan provinsi Jawa Barat," ujar Dudi seperti dikutip dari Antara (21/10/15).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ahmad Heryawan, gubernur Jawa Barat mengungkapkan jika penghargaan yang didapat tersebut membuat pihaknya makin berkomitmen menerapkan program e-Government.

"Komitmen Jawa Barat terkait kelembagaannya, regulasinya, dan implementasinya yang sudah cukup bagus. Contohnya dalam penganggaran, semenjak awal sudah e-Budgeting sehingga kita sudah tidak manual. Kemudian tendering, juga sudah menggunakan IT, bahkan kita paling lama karena tempat lain baru dimulai 2012 sementara Jawa Barat sudah sejak 2009 yang lalu," kata Gubernur Ahmad.

Selain pemerintah provinsi Jawa Barat, beberapa pemerintah kota dan kabupaten di Jawa Barat juga memperoleh penghargaan ISNA 2015, antara lain kota Bandung untuk kategori kota berukuran besar di urutan kedua dan kabupaten Bogor untuk kabupaten berukuran besar di urutan pertama. Selain itu, kota Cimahi dan kota Cirebon juga memperoleh penghargaan untuk kategori kota sedang dan kabupaten Bandung untuk kategori kabupaten besar.

WHAT TO READ NEXT ?